Punya T-72B3, Rusia Tak Terlalu Butuh T-14 atau T-90M

0
355

Tank tempur utama (MBT) T-72B3M modern © Vitaly V. Kuzmin via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov mengatakan tidak perlu memproduksi banyak T-14 Armata atau T-90M Proryv-3 sebagai tulang punggung untuk armada tank Rusia, karena mereka memiliki T-72B3, seperti dilansir dari Bao Dat Viet.

Menurut rencana modernisasi Angkatan Darat Rusia pada periode 2025, produsen tank tidak akan merakit T-14 Armata atau T-90M Proryv-3, sebagian karena tank-tank belum benar-benar siap diproduksi, selain hal itu Moskow sudah memiliki kandidat tank yang akan berperan sebagai tulang punggung.

Kandidat No. 1 di sini adalah T-72B3M, upgrade mendalam dari T-72B dilengkapi mesin V-92S2F baru yang memiliki 1.130 daya kuda, termasuk komputer kendali tembakan dan viewfinder foton seperti T-90A dan penguatan perisai lapis baja plus Contact 5 di sekitar posisi kritis.

Tank tempur utama (MBT) T-72B3M modern © Russian MoD

Sejak diluncurkan pada tahun 2014 dan kemudian dimodernisasi pada versi 2016 untuk berpartisipasi dalam upacara di Lapangan Merah. Berbicara di media, Letnan Jenderal Oleg Salyukov, Panglima Angkatan Darat Rusia baru-baru ini mengatakan bahwa tank T-72B3M telah mulai dipersiapkan dalam jumlah besar.

HARUS BACA :  Australia Ingin Kembangkan Pangkalan Angkatan Laut Bersama di PNG – Militer.or.id

Menurut Salyukov, T-72B3M merupakan versi modern dari T-72B3 dengan kemampuan manuver, perlindungan dan daya tembak yang unggul.

Keputusan oleh Angkatan Darat Rusia mungkin berasal dari fakta bahwa varian T-72B3M memiliki kinerja yang sangat baik dalam tank biathlon yang lalu daripada varian upgrade sederhana.

Sebelum keputusan ini, Angkatan Bersenjata Armenia adalah satu-satunya kekuatan yang meminta Rusia untuk meningkatkan seluruh armada T-72 menjadi T-72B3M, sementara Angkatan Darat Rusia saat itu hanya memiliki sekitar 30 dari mereka.

Tank tempur utama (MBT) T-72B3 Angkatan Darat Azerbaijan dalam International Army Games 2017© Russian MoD

Dibandingkan dengan T-72B3, fitur yang paling membedakan dari T-72B3M adalah kaca pencitraan termal untuk pengemudi berada di tengah turret dan tegak, tepat disamping jendela bidik Sosnar-U. Selain itu, detail lainnya tidak ada yang berubah.

HARUS BACA :  Jual ke Turki, Apa Rusia Tak Khawatir Amerika Bisa Pecahkan Rahasia S-400?

Namun, Letnan Jenderal Oleg Salyukov lebih lanjut mengungkapkan bahwa T-72B3M akan dilengkapi dengan Sistem Proteksi Aktif (APS). Sepertinya langkah tersebut dibuat untuk menyeimbangkan dengan rencana M1A2 SEP Abrams yang akan dilengkapi dengan APS Trophy buatan Israel.

Dengan perlindungan sistem APS “hard” Arena lebih efektif dalam melindungi kendaraan tempur daripada menggunakan APS “lunak” Shtora-1 seperti yang terpasang di armada T-90 Rusia saat ini.

HARUS BACA :  Presiden Ukraina Panggil Pasukan Cadangan untuk Berlatih

Meskipun demikian, sistem perlindungan aktif tetap membahayakan bagi infantri yang terlibat dalam intersepsi sejumlah besar pecahan proyektil berdaya ledak tinggi, sehingga Rusia dapat mempertimbangkan dan memasang APS Arena dan Shtora-1 pada T-72B3M yang berbeda untuk mengevaluasi efek ini secara lebih rinci.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here