Jepang Berencana Beli 100 Unit Jet Tempur F-35

F-35 Japan (AP) E
F-35 Japan (AP)

Jepang tengah mempertimbangkan untuk membeli hingga 100 unit jet tempur F-35 senilai lebih dari US$ 8,8 miliar, untuk mengimbangi peningkatan kekuatan militer Tiongkok di kawasan itu.

Dilansir dari laman Berita Satu (27/ 11), rencana pembelian itu muncul setelah Presiden Donald Trump mendesak Jepang untuk membeli lebih banyak peralatan militer dan produk-produk Amerika lainnya, karena Washington mengalami defisit perdagangan yang besar dengan Tokyo.

Jepang sebelumnya telah memutuskan untuk membeli 42 stealth fighter F-35 itu, dan sekarang mempertimbangkan untuk membeli 100 unit lagi senilai lebih dari 1 triliun yen (US$ 8,8 billion), menurut Nikkei.

Kabinet Jepang diharapkan bisa menyetujui rencana ini pertengahan Desember nanti, ketika rencana program pertahanan disampaikan, tulis Nikkei.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan menolak membenarkan berita itu, dan hanya mengatakan: “Semua yang terkait pembelian tambahan masih dalam pertimbangan.”

HARUS BACA :  Proses TNI Bebaskan Sandera KKB di Papua

Pada September, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe diberitakan mengatakan ke Trump: “Menggunakan peralatan militer teknologi tinggi, termasuk peralatan dari AS, penting untuk meningkatkan pertahanan Jepang.”

Tokyo juga memprtimbangkan untuk meningkatkan kemampuan kapal pengangkut helikopter sehingga nantinya bisa mengangkut dan meluncurkan pesawat tempur, seperti diberitakan Kyodo News, mengutip seorang sumber di pemerintahan.

HARUS BACA :  Su-27 Rusia dan F-15E Amerika Pernah Nyaris Bentrok di Suriah

Kapal jenis destroyer, Izumo, akan ditingkatkan kemampuannya sehingga bisa setara dengan sebuah kapal induk, di tengah meningkatnya pengaruh maritim Tiongkok. Tiongkok sudah mengoperasikan pesawat stealth pertama buatannya sendiri. Negara itu juga sudah mulai mengoperasikan kapal induk tahun lalu.

HARUS BACA :  Su-27 Rusia dan F-15E Amerika Pernah Nyaris Bentrok di Suriah

Kapal kelas Izumo berbobot 19.500 ton adalah kapal Angkatan Laut terbesar yang dimiliki Jepang pasca-Perang Dunia, dengan panjang 248 meter dan mampu mengangkut 14 helikopter. Rencana upgrade kapal ini juga akan dibahas bulan depan.

Konstitusi Jepang membatasi kemampuan militernya untuk pertahanan diri saja dan negara itu sangat bergantung pada Amerika Serikat untuk membantu pertahanan di bawah aliansi keamanan bilateral.

HARUS BACA :  Pangkostrad Terima Tim AASAM dan Ton Tangkas Kostrad

Editor: ()

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Pesawat F-16 Lanud RSN Pantau Perbatasan RI-Malaysia

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Mesir Desak Israel Hentikan Kekerasan di Gaza

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here