Menjaga Pulau Rondo yang Berbatasan dengan India

Kunjungan Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono untuk mengetahui dari dekat kondisi puluhan prajurit Korps Marinir TNI AL dan TNI AD yang sedang menjalankan tugasnya menjaga pulau terluar yang tidak berpenghuni yang berbatasan dengan Pulau Nikobar, India ini.

Sabang, Militer.or.id   –   Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) mengunjungi  pada Kamis 29-11-2018 pulau Rondo, salah satu pulau terdepan bagian wilayah Aceh yang terletak di ujung barat Indonesia.

HARUS BACA :  Satgas Yonif PR 501 Kostrad Purna Tugas Pamtas RI – PNG – Militer.or.id

Kunjungan Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono tidak lain untuk mengetahui dari dekat kondisi puluhan prajurit Korps Marinir TNI AL dan TNI AD yang sedang menjalankan tugasnya menjaga pulau terdepan yang tidak berpenghuni yang berbatasan dengan Pulau Nikobar, India ini.

Pulau Rondo dengan luas 0,4 kilometer persegi termasuk wilayah Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh, yang berjarak sekitar 15 mil laut dari Kota Sabang. Pulau ini sekarang dijaga dan diamankan oleh puluhan prajurit TNI dari Satuan Tugas Pulau Terluar (Satgas Puter) Marinir dari Pasmar 1 Jakarta dan Satgas Pengamanan perbatasan (Pamtas) TNI AD dari Yonif 116/GS.

HARUS BACA :  PLA Uji Pencegat Rudal di Laut China Timur
HARUS BACA :  Satgas Yonif PR 501 Kostrad Purna Tugas Pamtas RI – PNG – Militer.or.id

Dalam kunjungannya tersebut, Dankormar berkesempatan mengecek kondisi barak, gudang senjata, pos tinjau, dapur dan Kamar Mandi prajurit sebelum akhirnya memberikan arahan. Dalam pengarahannya, Dankormar meminta kepada seluruh prajurit untuk melaksanakan tugasnya dengan semangat dan penuh tanggung jawab.

“Kalian yang bertugas di sini adalah garda terdepan bangsa yang menjaga batas kedaulatan NKRI. Untuk itu, laksanakan tugas negara yang amat mulia ini dengan baik dan penuh tanggung jawab” pesan Dankormar kepada para prajurit yang sudah lama meninggalkan keluarga demi menjaga daerah terluar Indonesia tersebut.

HARUS BACA :  U.S. to Sign MOU with Australia for MQ-4C Triton

Turut serta dalam rombongan Dankormar, Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han), Asops Dankormar Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto dan Kadispen Kormar Letkol Marinir Ali Sumbogo, S.E, M.M. (Dispen Kormar).

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

HARUS BACA :  Bandara Ngurah Rai Antisipasi Erupsi Gunung Agung

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Open Ship Kapal Perang Koarmatin di Surabaya

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here