India Setujui Pembelian Sistem Rudal $1,5M dari Rusia

India Setujui Pembelian Sistem Rudal $1,5M dari Rusia

Peluncur rudal portabel, Igla-S buatan Rusia © 2010, Vitaly V. Kuzmin via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Pada pertengahan Nopember, India telah secara resmi memilih perusahaan RosOboronExport (ROE) Rusia sebagai pemenang tender dari Angkatan Darat India untuk Program Pertahanan Udara Jarak Pendek atau VSHORAD, senilai senilai $ 1,5 miliar, setelah berbulan-bulan penundaan atas keluhan yang dibuat oleh pesaing lainnya dalam kompetisi, seperti dilansir dari laman Defense News.

Dalam pertemuan tanggal 19 November dengan tiga finalis peserta tender VSHORAD, ROE Rusia, MBDA Prancis dan Saab Swedia, pejabat India menyatakan sistem Igla-S perusahaan Rusia sebagai pemenang.

Pada bulan Mei 2018, Rosoboronexport dinyatakan sebagai penawar terendah di antara tiga pesaing. Namun, pesaing dalam program ini mengeluh kepada militer India bahwa perusahaan Rusia lolos menjadi finalis, karena telah gagal dalam dua tes teknis awal di bawah pedoman pengadaan, kegagalan dalam pengujian awal tersebut seharusnya telah menjatuhkan Igla-S dari jalannya.

Peluncur rudal permukaan-ke-udara jarak pendek 9K38 Igla © Andre Gustavo Stumpf Filho

Keberatan itu menunda penghargaan program hingga bulan ini, ketika Departemen Pertahanan India menolak keluhan dari finalis tender lainnya dan menyatakan bahwa perusahaan Rusia sepenuhnya kompetitif dan tidak melanggar prosedur apa pun.

Pejabat Dephan lainnya mencatat bahwa kontrak VSHORAD yang diusulkan akan Rusia tidak akan memiliki dampak terhadap sanksi AS terhadap Rusia di bawah CAATSA dan karena India akan melakukan pembayaran dalam mata uang rupee dan bukan dolar.

Kontrak tersebut diharapkan akan ditandatangani tahun depan setelah negosiasi harga lebih lanjut dan penetapan klausul kewajiban kontrak lainnya.

Pengadaan sistem telah lama datang. Angkatan Darat India melayangkan tender global secara terbatas pada tahun 2010, dengan permintaan tawaran dari Saab Swedia, Rafael Israel, MBDA dan Thales Prancis, Raytheon Amerika Serikat, ROE Rusia dan LIG Nex 1 Korea Selatan.

Rafael, Thales dan LIG Nex 1 tidak dapat memenuhi syarat evaluasi teknis sementara Raytheon tidak jadi ikut berpartisipasi dalam kompetisi. Setelah evaluasi teknis pada tahun 2012, MBDA, ROE dan Saab terpilih untuk uji coba lapangan.

Rudal permukaan-ke-udara jarak pendek (VSHORAD) STARStreak buatan Thales © Thales via Youtube

Kompetisi VSHORAD ini akan menggantikan sistem pertahanan udara Igla-M buatan Rusia yang sudah usang dengan sistem man-portable dengan berat kurang dari 25 kg dengan kemampuan tembak dan lupakan atau fire and forget. Sistem yang dibutuhkan oleh tentara India harus memiliki kemampuan untuk melibatkan target udara siang dan malam dengan jangkauan efektif 6.000 meter dan ketinggian lebih dari 3.000 meter.

Dari total 5.175 rudal dan peralatan terkait yang dibutuhkan pada program VSHORAD, sebanyak 2.315 rudal diusulkan akan diperoleh dalam kondisi CBU (complete buit unit), 1.260 rudal dalam kondisi semi-terakit, 1.000 rudal dalam bentuk komponen dan 600 rudal akan diproduksi oleh Bharat Dynamics Ltd. di India. Selain itu, peralatan terkait akan mencakup peluncur, sensor, pemandangan pencitraan termal dan unit komando & kontrol.

Ketika dilantik, sistem man-portabel VSHORAD ini akan digunakan diberbagai medan termasuk dataran tinggi, dataran rendah, daerah gurun, pesisir dan maritim. Sistem ini akan diintegrasikan ke sensor pasif/aktif untuk dipasang pada platform rantis ringan.

Sistem ini juga akan memiliki unit perintah, kontrol & komunikasi (C3) khusus untuk pemrosesan deteksi dan target udara seperti kendaraan udara tanpa awak, termasuk helikopter.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *