Airbus – LM Bekerja Sama Bangun Pesawat Tanker untuk AU AS

Airbus – LM Bekerja Sama Bangun Pesawat Tanker untuk AU AS
Airbus A330 MRTT (airbus) E
Airbus A330 MRTT (airbus)

Airbus dan Lockheed Martin (LM) akan bekerja sama membuat pesawat tanker pengisian bahan bakar di udara untuk Angkatan Udara (AU) AS. Adapun AU AS ingin mengganti 400 armada tanker untuk mengisi bahan bakar pesawat tempur, yang digunakan dalam melakukan misi.

Dilansir dari laman Republika (5/ 12), Airbus dan LM akan menggarap pesanan untuk Multi-Role Tanker Transport (MRTT) berbasis A330. Chief Executive Lockheed, Marillyn Hewson optimistis dapat menyediakan tanker yang dibutuhkan oleh Angkatan Udara AS.

“Kami memiliki posisi yang baik untuk dapat menyediakan solusi pengisian bahan bakar, yang diperlukan oleh AU AS dalam memenuhi tantangan keamanan di abad 21,” ujar Hewson dilansir dari laman Reuters (5/12).

Airbus yang sebelumnya bekerja sama dengan Northrop Grumman Corp, memenangkan kontrak sebesar 35 miliar dolar AS pada 2008 untuk membangun tanker MRTT bagi AU AS. Namun, kesepakatan itu dibatalkan akibat tekanan politik.

Airbus dinilai memiliki pengalaman membuat MRTT yang telah dipilih oleh 12 negara, diantaranya Inggris, Australia, dan Korea Selatan. Bahkan, MRTT buatan Airbus juga mampu mengisi bahan bakar sebagian besar jet tempur AS termasuk F-35.

Sementara LM membuat pesawat transport F-35 dan C-130J yang juga dapat digunakan sebagai tanker. Oleh karena itu, Airbus dan Lockheed dipercaya dapat menjadi mitra yang kuat untuk mengembangkan tanker bagi AU AS.

Di sisi lain, kesepakatan ini menandai gebrakan besar Airbus untuk masuk ke pasar militer. Sebelumnya, pada 2012 Airbus sempat mengalami kegagalan untuk bekerja sama dengan BAE System Inggris.

Editor: ()

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *