Di Tengah Ketegangan, Amerika Melakukan Penerbangan Tidak Biasa di Ukraina

Boeing OC-135B Open Skies AS

Di tengah ketegangan yang masih tinggi antara Rusia dan Ukraina, militer Amerika mengaku melakukan penerbangan exstraordinary atau tidak biasa di atas langit Ukraina. Penerbangan dilakukan di bawah perjanjian Open Skies untuk menegaskan kembali komitmennya terhadap negara itu.

“Serangan tidak beralasan Rusia terhadap kapal angkatan laut Ukraina di Laut Hitam dekat Selat Kerch adalah eskalasi berbahaya dalam pola aktivitas yang semakin provokatif dan mengancam,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan Kamis 6 Desember 2018.

HARUS BACA :  Amerika Kembali Tempatkan Kapal Induk di Teluk

Amerika menuduh Rusia terus melakukan kegiatan untuk membuat wilayah tersebut tidak stabil. “Amerika Serikat mencari hubungan yang lebih baik dengan Rusia, tetapi ini tidak dapat terjadi sementara tindakan tidak sah dan tidak stabil terus berlanjut di Ukraina dan tempat lain.”

Open Skies adalah perjanjian sejumlah negara Eropa, Rusia dan Amerika yang menyetujui untuk mengizinkan pesawat masing-masing negara melakukan penerbangan untuk memantau aktivitas militer sebuah negara.

HARUS BACA :  Pertempuran Besar di Depan Mata,Turki Terus Tumpuk Kekuatan di Perbatasan Suriah
HARUS BACA :  Prajurit TNI AL Menerima Pelatihan Force Protection

Penerbangan kali ini memang dilakukan di atas langit Ukraina, hingga tidak mungkin bagi Rusia untuk bisa mengawasi secara dekat. Namun hampir pasti, penerbangan dari Ukraina ini ditujukan untuk memantau militer Rusia, terutama di wilayah perbatasan dan sekitar Laut Hitam.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko baru-baru ini mengatakan ancaman Rusia telah mencapai tingkat tertinggi setelah negara tersebut mengambil alih Crimea pada 2014 lalu. Moskow juga disebut telah menggandakan kekuatan militernya di wilayah perbatasan Ukraina.

HARUS BACA :  NATO Kritik Rencana Pembentukan Pasukan Eropa

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Nurul Teje
Nurul Tejehttps://www.militer.or.id
Sangat berminat kepada hal hal yang berbau alutsista Rusia dan Soviet. Mampu mendeskripsikan dengan baik pesawat pesawat tempur buatan Soviet dalam diskusi seru. Kontak jika mau ngopi bareng dan berbincang seru.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Pertempuran Besar di Depan Mata,Turki Terus Tumpuk Kekuatan di Perbatasan Suriah

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here