Marah? Amerika Blokir Penjualan F-16 Bekas Israel ke Kroasia

Rencana Israel untuk menjual F-16 bekas mereka ke Kroasia sepertinya akan menemui jalan buntu karena Amerika menolak memberikan izin.

Pemerintah Kroasia pada Maret 2018 lalu mengumumkan mereka sedang dalam pembicaraan dengan Israel untuk membeli sejumlah pesawat tempur F-16 bekas dari Israel dengan harga US$ 485,6 juta.

Channel 10 mengutip pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya melaporkan pemerintah Amerika telah menyatakan tidak menyetujui langkah Israel tersebut.

HARUS BACA :  Tentara Lebanon Temukan Rudal Anti-Udara, Anti-Tank, di Pertempuran

Israel dilaporkan telah membuat marah pemerintahan Trump dengan menambahkan sistem elektronik canggih buatan Israel ke F-16 sebagai bagian dari upaya untuk meyakinkan Kroasia membeli pesawat. Kemungkinan itu yang menjadi alasan pemblokiran penjualan tersebut meski Kroasia sendiri sudah menjadi sekutu Amerika.

Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan perjanjian itu pada Januari dan badan pertahanan utama Kroasia memberikan tanggapannya dua bulan kemudian.

HARUS BACA :  Panglima TNI Dampingi Presiden RI Berikan Pengarahan Kepada Babinsa di Bandung
HARUS BACA :  India Hampir Sepakat Sewa Satu Lagi Kapal Selam Akula Rusia

Sementara itu, pada bulan Oktober, Menteri Pertahanan Kroasia Damir Krsticevic dan Duta Besar Amerika Robert Kohorst mengawasi penyerahan dua helikopter Black Hawk Amerika sebagai sumbangan seniali US$53 juta dolar kepada negara Balkan di pangkalan udara di Pleso. Washington telah memenuhi janji musim untuk memberi Kroasia beberapa helikopter UH-60.

 

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Nurul Teje
Nurul Tejehttps://www.militer.or.id
Sangat berminat kepada hal hal yang berbau alutsista Rusia dan Soviet. Mampu mendeskripsikan dengan baik pesawat pesawat tempur buatan Soviet dalam diskusi seru. Kontak jika mau ngopi bareng dan berbincang seru.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Maritim Malaysia akan Pamer OSV Terbaharu

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here