Rusia Blokir Penjualan Sistem Rudal Bal-E ke Azerbaijan

Sistem rudal pesisir Bal-E dilengkapi rudal jelajah anti-kapal Kh-35E (Kh-35UE) buatan Rusia © RosOboronExport

Militer.or.id – Kementerian Pertahanan Rusia telah mencegah penjualan sistem rudal pertahanan pesisir baru, Bal-E ke Azerbaijan, seperti dilansir dari laman media yang berbasis di Rusia, Kommersant pada hari Rabu.

Informasi awal tentang keinginan dari militer Azerbaijan untuk membeli sebuah divisi varian ekspor dari kompleks rudal Bal muncul pada tahun 2014 silam, ketika produsen sistem ini, Tactical Missile Weapons Corporation (KTRV), di pameran peralatan militer dan senjata yang diadakan di Astana (Kazakhstan) mengadakan presentasi khusus.

Ketertarikan itu tampak logis, karena Azerbaijan telah lama mengincar sistem rudal yang mampu melindungi zona di pesisir Kaspia. Sebagai contoh, militer Azerbaijan pun tertarik pada sistem rudal pesisir “Bastion” dengan rudal anti-kapalnya “Yakhont” yang diproduksi oleh NPO Mashinostroyenia, Reutov, ??tetapi masalah ini tidak sampai pada negosiasi substantif, karena sinyal yang sesuai tidak diterima dari Moskow.

HARUS BACA :  TNI Siap Antisipasi Keamanan Kawasan Asia Pasifik
HARUS BACA :  PT DI Perluas Kerjasama Strategis dengan KAI

Kommersant telah mengirim permintaan kepada Kementerian Pertahanan Federasi Rusia untuk mengomentari informasi tersebut namun hingga berita ini ditulis tidak ada tanggapan. Sedangkan Layanan Federal untuk Kerjasama Militer dan Rosoboronexport (eksportir khusus senjata Rusia) juga tidak berkomentar tentang hal ini.

 

Sistem rudal pertahanan pesisir Bal-E buatan Rusia © Pliskin via Wikimedia Commons

Kemhan Azerbaijan Bantah Lakukan Negosiasi

“Kami tidak bernegosiasi dengan Rusia mengenai pembelian sistem rudal BAL-E dan kami tidak memiliki niat untuk mendapatkan kompleks rudal tersebut”, tekan layanan pers Kementerian Pertahanan Azerbaijan seperti dilansir Report.az.

Laporan menginformasikan bahwa kementerian membantah laporan di berbagai media bahwa Azerbaijan tertarik untuk membeli sistem rudal BAL-E.

HARUS BACA :  ATM Utamakan Bajet untuk Pembangunan Network Centric Operations

“Pada saat yang sama, perlu dicatat bahwa Azerbaijan menggunakan berbagai sistem pertahanan canggih dan kompleks rudal dari berbagai negara untuk terus memastikan keamanan di sektor Laut Kaspia, Azerbaijan”, kata pernyataan itu.

Sistem rudal pesisir Bal-E dilengkapi rudal jelajah anti-kapal Kh-35E (Kh-35UE) buatan Rusia © RosOboronExport

Karakteristik Sistem Rudal Pesisir Bal-E

Bal-E adalah versi ekspor dari sistem rudal pesisir “Bastion”yang diadopsi oleh Federasi Rusia pada tahun 2008. Dikembangkan Biro Rancang Bangunan Mesin yang berbasis  di Moskow, OJSC. Kompleks mobile termasuk kendaraan pusat komando dan kendali, peluncur swagerak dengan misil anti-kapal Kh-35E/Kh-35UE, kendaraan penanganan transportasi, menurut keterangan di situs RosOboronExport.

Sistem rudal Bal-E dirancang untuk menjaga selat dan perairan teritorial, melindungi jalur laut lepas pantai, pangkalan angkatan laut, infrastruktur, serta mempertahankan pantai dari ancaman pendaratan amfibi dalam jangkauan peluncur rudal. Memiliki jangkauan antara 5 – 130 km, kompleks rudal ini  dilengkapi hingga 64 rudal. Radarnya adalah Mineral-E dan memiliki jangkauan deteksi hingga 250 km dalam mode aktif, sedangkan dalam mode pasif hingga 450 km.

HARUS BACA :  Iran Tidak Akan Negosiasi tentang Kekuatan Rudal
HARUS BACA :  AS Minta Koalisi Saudi Buka Pelabuhan Yaman

Sistem ini dapat memandu hingga 24 rudal secara bersamaan dalam sekali salvo.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

HARUS BACA :  Jet-jet Israel Menyerang Gaza di Tengah Ketidaktenteraman di Yerusalem
44.1k Followers
Follow

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here