Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Amerika Ubah Timur Tengah Jadi Tong Mesiu

F-15 Arab Saudi

Penjualan senjata Amerika ke Timur Tengah dinilai oleh Iran telah mengubah wilayah itu jadi “tong mesiu”  yang bisa meledak sewaktu-waktu.

“Jumlah senjata yang dijual Amerika ke wilayah kami sangat luar biasa dan di luar kebutuhan wilayah ini,” kata Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif Sabtu 8 Desember 2018 sebagaimana diberitakan Kantor Berita Iran, IRNA.

“Kebijakan Amerika telah menghadirkan banyak senjata modern, yang menghancurkan, ke wilayah ini, yang tak membantu untuk mewujudkan keamanan dan perdamaian regional,” kata Zarif sebelum Konferensi Kedua Para Pemimpin di Teheran.

Ketika ditanya mengenai tuduhan AS bahwa Iran menguji-coba rudal yang mampu menjangkau Eropa, Zarif mengatakan para pejabat Amerika”tak menyia-nyiakan usaha untuk mengganggu hubungan antara Iran dan Eropa. Jadi mereka menggunakan tuduhan tanpa dasar belakangan ini”, kata sumber yang sama. “Mereka berusaha menyelewengkan masalah regional,” kata Zarif

“Kami telah membaca di media Amerika bahwa senjata Amerika berada di tangan Al-Qaida di Yaman dan Da’esh di Suriah, dan ini adalah bahaya yang mengancam wilayah kita,” kata Zarif. Turki juga telah keberatan dengan pasokan senjata AS ke kelompok teror YPK/PKK di Suriah Utara.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *