Bilah Baling-Baling Korosi, Penyebab Jatuhnya Pesawat KC 130 – Militer.or.id


Pesawat militer KC-130 AS yang mengalami kecelakaan di negara bagian Mississippi. (foto : Reuters)

Kecelakaan pesawat KC-130T yang menewaskan 16 Marinir dan tentara Angkatan Laut AS ternyata disebabkan oleh pisau baling-baling yang mengalami korosi.

Sebenarnya pada tahun 2011 pisau baling-baling tersebut sudah dikirimkan ke depot pemeliharaan Angkatan Udara, tetapi teknisi gagal memperbaiki dan mengirimnya kembali ke Angkatan Udara dalam kondisi belum diperbaiki.

Akibat korosi tersebut, satu pisau mengalami retakan yang tidak terdeteksi selama bertahun-tahun hingga akhirnya menyebabkan terjatuhnya C-130T dalam sebuah misi penerbangan.

Pisau yang usang itu akhirnya terlepas dari baling-baling di ketinggian 20.000 kaki, pisau kemudian menghantam dan merobek sisi kiri pesawat, masuk ke sisi kanan pesawat.

Akibat goncangan keras, baling-baling lainnya terlepas dan menabrak stabilizer belakang kanan, menjatuhkan sebagian besar stabilizer.

“Ledakan ini menyebabkan kulit pesawat terbang terpisah di sepanjang sisi kanan,” rilis investigasi.

“Kemudian pesawat pecah menjadi tiga bagian, kokpit, badan belakang pesawat dan kompartemen tempat duduk penumpang, meledak dan hancur menjadi beberapa bagian.”

Laporan investigasi dengan hampir 2.000 halaman catatan tambahan menggambarkan tingkat endemik pengabaian oleh Angkatan Udara.

Pengungkapan ini – bersama dengan kegagalan sistemik dalam sistem pemeliharaan penerbangan militer yang menyebabkan kecelakaan – diuraikan dalam penyelidikan kecelakaan Korps Marinir musim panas lalu yang diperoleh oleh Defense News dan Military Times.

Selain kegagalan depot pemeliharaan Angkatan Udara untuk memperbaiki bilah baling-baing yang rusak, para penyelidik juga menemukan bahwa Angkatan Laut tidak memastikan pekerjaan itu dilakukan dengan benar.

Para penyelidik juga mempertanyakan pekerjaan para pemelihara di Marine Refueler Transport Squadron 452 tetapi tidak menyalahkan para marinir atas kerusakan pisau itu.

Terlepas dari siapa yang harus bertanggung jawab, kecelakaan itu menyoroti meningkatnya jumlah kecelakaan dan korban jiwa terkait penerbangan di seluruh militer, yang menurut para kritikus telah mencapai ke tingkat yang kritis.

MilitaryTimes

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *