Tu-160M2 Takkan Bisa Gantikan Peran Tu-95 Bear

Tu-160M2 Takkan Bisa Gantikan Peran Tu-95 Bear
Tu-95

Grobunov Kazan Aircraft Plan telah meluncurkan sampel pertama dari varian terbaru pembom strategis Tu-160 yang dikenal sebagai Tu-160M2. Pesawat dengan kemampuan serangan nuklir ini selanjutnya akan masuk ke seri produksi.

Tu-160M2 merupakan varian upgrade baru dari Blackjack era Soviet  yang dibangun dalam jumlah yang sangat kecil sebelum runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Banyak analis, memperkirakan bahwa Blackjack baru akan menjadi tulang punggung kekuatan pembom strategis Rusia di masa depan. Moskow memilih sikap realistis dengan menunda pengembangan pembom PAK-DA yang jelas akan membutuhkan dana besar.

Badan pesawat Tu-160M2 kurang lebih tetap sama dengan pendahulunya, tetapi akan menampilkan sistem misi yang benar-benar baru dan mungkin akan didukung oleh versi upgrade dari mesin turbofan Kuznetsov NK-32 afterburning.

Rusia berencana untuk membeli sekitar 50 dari Tu-160 varian baru, namun tidak jelas apakah 16 model asli Tu-160 akan ditingkatkan ke standar baru.

Moskow dapat menjadikan upgrade Tu-160M2 untuk kekuatan pembom strategis karena tidak seperti Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Udara Rusia tidak mengharapkan pesawat besar untuk menembus ke wilayah udara musuh untuk mengirimkan muatannya.

Sebaliknya, Tu-160 yang mampu terbang pada kecepatan lebih dari 2.0 Mach akan melesat ke dalam posisi untuk meluncurkan rudal jarak jauh. Dengan demikian, siluman tidak dianggap sangat penting.

Tu-160M2

Memang, salah satu keuntungan dari pembom strategis yang sangat terlihat adalah bahwa hal itu memungkinkan untuk digunakan sebagai sinyal nuklir.

Tapi Tu-160M2 tidak mungkin untuk menggantikan Tupolev Tu-95 Bear. Dua pembom kemungkinan akan dioperasikan side-by-side untuk dekade yang akan datang.

“Kedua platform harus hidup berdampingan pada saat yang sama seperti B-52H dan B-1B,” kata Michael Kofman-seorang ilmuwan yang mengkhususkan diri dalam urusan militer Rusia  di CNA Corporation beberapa waktu silam.

“Mereka tidak bisa saling dipertukarkan, maka saya tidak melihat secara teori Tu-160 dapat menggantikan Tu-95S di berbagai modifikasi mereka.”

Dengan demikian, seperti B-52,  Tu-95 kemungkinan besar akan tetap dalam layanan bertahun-tahun sebelum akhirnya digantikan.

Pesawat ini mungkin akan tetap menjadi pembom strategis utama Rusia untuk setidaknya dua dekade lebih. “Saya tidak melihat masa depan di mana Tu-95S diganti selama 20 tahun,” kata Kofman.

“Mereka jelas sedang dimodifikasi untuk membawa rudal baru Kh-101/102  yang memberitahu Anda bahwa mereka akan memiliki misi untuk beberapa waktu ke depan.”

Untuk Angkatan Udara Rusia, rudal jelajah jauh pembom lebih penting daripada bomber itu sendiri. Rudal siluman Kh-101 yang telah dibuktikan kemampuannya di Suriah dan varian berujung nuklir Kh-102 yang keduanya dirancang untuk menembus ke wilayah udara-musuh yang sangat ketat memungkinkan pembom untuk menyerang dari jauh.

Kedua rudal memiliki rentang lebih dari 1800 mil dan akan menjadi senjata stand off utama untuk armada pembom strategis Rusia.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *