Lanal Tipe C Segera Dibangun di Kulonprogo

0
571

02 Juni 2017

Pembangunan Pangkalan TNI AL Kulonprogo untuk memperkuat sistem pertahanan pesisir selatan Jawa (photo : Koarmabar)

YOGYA, KRJOGJA.com – Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta saat ini telah memiliki tiga Pos AL yang terletak di Sadeng Gunungkidul, Samas Bantul serta Karangwuni Kulonprogo. Dari jumlah itu masih kurang jika dibanding dengan panjang pantai pesisir selatan DIY yang harus dijaga. Oleh karena itu kedepan akan dibangun Lanal tipe C di Kulonprogo.

“Dari pimpinan sudah memberi lampu hijau tentang itu semua, dari Lanal juga sudah ke Pemda Kulonprgo terkait perizinan penggunaan lahan, tanah atau bangunan,” ungkap Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Yogyakarta, Letkol Laut (P) Arya Delano SE kepada KRJOGJA.com, Rabu (31/05/2017).

Dengan dibangunnya Lanal tipe C di Kulonprogo itu setidaknya bisa memperkuat tugas dari Lanal Yogyakarta sehingga sistem pertahanan pesisir selatan DIY bisa maksimal. Diungkapkannya, dalam melakukan pengamanan di pesisir selatan memang sarana pendukung masih kurang memadai, namun hal tersebut tak dijadikan hambatan personel TNI AL dalam menjalankan tugas.

Salah satu terobosan yang kini dilakukan untuk mencegah terjadinya tindakan bersifat ilegal di pesisir selatan yakni dengan gencar menjalin kemitraan dengan masyarakat setempat. Yang tidak kalah penting prajurit TNI AL juga mendampingi dan memberdayakan nelayan hingga menjaga keselamatan wisatawan.

(KR Jogja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here