Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pesawat N219 Dikembangkan Hingga Versi Amfibi

Militer.or.id – Pesawat N219 Dikembangkan Hingga Versi Amfibi.

Penerbangan Perdana Pesawat N219. ( Donny Hidayat (Peneliti Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN)

Bandung – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan keberhasilan uji terbang perdana purwarupa pesawat N219 di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, menjadi momentum kebangkitan riset dan teknologi Indonesia.

“Dengan keberhasilan uji penerbangan perdana pesawat N219 ini, kita bisa nyatakan, ini hari kebangkitan teknologi kedua setelah (pesawat N250),” ujar Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, saat jumpa pers “first flight” purwarupa pertama pesawat N219 di Bandung, Rabu, 16/8/2017.

LAPAN dan PT Dirgantara Indonesia mulai berkoordinasi untuk perencanaan membuat dan merancang Pesawat N219 sejak tahun 2014.

“Tahun 2014 mulai kerja besar. Waktu itu mulai dibuatkan dan ditetapkan N219 dengan membuat empat pesawat dengan rincian untuk uji terbang dan uji coba di darat,” ujarnya.

Thomas Djamaluddin menuturkan, Kepala LAPAN sebelumnya, Bambang Setiawan, selalu mengingatkan dirinya agar Pesawat N219 tidak hanya sebatas purwarupa.

“Pak Bambang terus mengingatkan saya ini (Pesawat N219) harus benar-benar sampai terbang, jangan cuma sebatas prototipe semata. Ini yang jadi semangat bagi kami,” ungkap Djamaluddin.

LAPAN berencana akan mengembangkan Pesawat N219 hingga versi amfibi, agar pesawat ini bisa mendarat di pulau kecil.

“Kita ingin ini (Pesawat N219) untuk pulau-pulau kecil jadi konektivitas yang jaraknya dekat. Pesawat N219 ini akan kita kembangkan versi amfibinya supaya bisa mendarat di pulau kecil yang tak ada landasannya, bisa mendarat di pantai,” ujarnya.

Rabu, 16 Agustus 2017 sekitar pukul 09.00 WIB, Kepala LAPAN menyaksikan langsung keberhasilan uji coba penerbangan perdana purwarupa pesawat N219 yang digagas dan dirancang oleh PT DI dan LAPAN, di Landasan Pacu Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Thomas Djamaluddin mengaku bangga karena pengerjaan Pesawat N219 seluruhnya dilakukan oleh teknisi asal Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *