Menyalip Infrastruktur, Pemerintah Berikan Porsi Anggaran Terbesar Ke Pertahanan di RAPBN 2020

8
800

Menyalip Infrastruktur, Pemerintah Berikan Porsi Anggaran Terbesar Ke Pertahanan di RAPBN 2020 – Militer.or.id. Berbeda dengan tahun tahun anggaran sebelumnya, dimana pemerintah Indonesia memberikan porsi APBN terbesar kepada pembangunan infrastruktur kepada kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada Rancangan APBN tahun 2020, pemerintah Indonesia memberikan porsi anggaran terbesar kepada Kementerian Pertahanan. Kementerian Pertahanan pun menggeser Kementerian PUPR di tahun sebelumnya menjadi yang paling tinggi alokasi anggarannya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro menyatakan hal tersebut dalam acara Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat dan Temu Konsultasi Triwulan II Bappenas-Bappeda 2019. “Rakorbangpus ini menitikberatkan pada koordinasi perencanaan program untuk merealisasikan target RPJMN 2020-2024,” kata Bambang di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

HARUS BACA :  DND Set to Acquire Sophisticated Equipment, Missiles
Menyalip Infrastruktur, Pemerintah Berikan Porsi Anggaran Terbesar Ke Pertahanan di RAPBN 2020
Menyalip Infrastruktur, Pemerintah Berikan Porsi Anggaran Terbesar Ke Pertahanan di RAPBN 2020

Berdasarkan dokumen yang didapat dari Bappenas, Kementerian Pertahanan mendapatkan jatah pagu anggaran di RAPBN 2020 sebesar Rp 126,8 triliun. lebih dari 20% lebih tinggi dari pada jatah pagu anggaran Kementerian PUPR yang hanya sebesar Rp 103,8 triliun di RAPBN 2020 ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan anggaran belanja negara di tahun depan akan meningkat seiring dengan program prioritas pengembangan sumber daya manusia (SDM). “Belanja negara juga harus makin baik dan berkualitas,” ujar Sri Mulyani dalam Rakorbangpus.

Berikut 10 kementerian/lembaga dengan anggaran terbesar di tahun 2020:

1. Kementerian Pertahanan mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 126,8 triliun di RAPBN 2020. Prioritas: pengadaan, pemeliharaan, perawatan alutsista. Sebelumnya di tahun anggaran 2019 Kementerian Pertahanan hanya mendapatkan pagu anggaran Rp 107,6 triliun.

HARUS BACA :  Merebut Papua dari Kolonial Belanda

2. Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 103,8 triliun di RAPBN 2020. Prioritas: Pembangunan jalan mendukung konektivitas dan pengembangan kawasan.

3. Kepolisian Republik Indonesia mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 89,7 triliun di RAPBN 2020. Prioritas: Penyelesaian tindak pidana umum, narkoba, korupsi, dan pengamanan unjuk rasa. Sebelumnya Rp 95,03 triliun.

4. Kementerian Agama mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 65,2 triliun di RAPBN 2020. Prioritas: Biaya Operasional Sekolah (BOS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), tunjangan penyuluh keagamaan dan revitalisasi sarpras. Sebelumnya Rp 62,15 triliun.

5. Kementerian Sosial: Rp 62,7 triliun
Prioritas: Pemberian Bantuan Tunai Bersyarat, Bantuan Pangan Non Tunai. Sebelumnya Rp 41,30 triliun

HARUS BACA :  Komandan Lantamal V Ikuti Sholat Ied di Mako Lantamal V

6. Kemenkes: Rp 56,7 triliun
Prioritas: Jaminan Kesehantan Nasional (JKN). Sebelumnya Rp 59,10 triliun.

7. Kemenkeu: Rp 44,3 triliun
Prioritas: Peningkatan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN), Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), dan Modul Penerimaan Negara (MPN), perpajakan. Sebelumnya Rp 45,68 triliun.

8. Kemenhub: Rp 41,7 triliun
Prioritas: Pembangunan Bandara, kereta api, dan pelabuhan pendukung konektivitas. Sebelumnya Rp 48,20 triliun.

9. Kemenristekdikti: 39,7 triliun
Prioritas: Biaya Operasional Perguruan Tinggi, Bidik Misi. Sebelumnya Rp 41,28 triliun.

10. Kemendikbud: Rp 34,5 triliun
Prioritas: KIP, revitalisasi SMK, pembangunan ruang praktik siswa SMK, dan kompetensi guru. Sebelumnya Rp 40,09 triliun.

8 COMMENTS

  1. Mantappp…
    Biar negara tetangga nggak seenaknya merendahkan harga diri kita,,

    Kmrin kapal perang tni di tabrak kapal vietnam gara2 kapal tni mau mengejar maling ikan…

  2. Kita menunggu penggunaan anggarannya..
    Kalo kebanyakan seminar sih buat apa!!😁😁
    Apalagi anggaran tersebut cuma buat memperkuat Kem Pertahanan..
    Kita juga menunggu politik anggaran itu memotong anggaran siapa!!🤣🤣

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here