Maluku Utara Siap Ekspor Ikan Tuna ke Amerika Serikat

Militer.or.id – Maluku Utara Siap Ekspor Ikan Tuna ke Amerika Serikat.

Ikan Tuna (Uwe Aranas / commons.wikimedia.org)

Ternate – Pengusaha perikanan mulai tertarik merealisasikan ekspor dari Maluku Utara (Malut), karena pengurusan dokumen ekspor telah dapat dilaksanakan di daerah ini dan adanya kemudahan yang diberikan kepada mereka.

“Selama ini pengusaha perikanan enggan merealisasikan ekspor dari Malut, sebab sebagian dokumen ekspor harus diurus di daerah lain, sementara komoditasnya ada di Malut,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Malut, Buyung Radjilun, Sabtu 19-8-2017 di Ternate.

HARUS BACA :  Evakuasi 16 Jenazah Korban Penembakan di Nduga Papua

Salah seorang pengusaha perikanan di Malut dalam waktu dekat akan merealisasikan ekspor ikan Tuna sebanyak 9 ton dari Malut dengan tujuan Amerika Serikat dan sejumlah pengusaha lainnya juga telah merencanakan untuk melaksanakan kegiatan yang sama.

Buyung Rajilun mengatakan, selama ini sewaktu pengurusan dokumen ekspor komoditas perikanan Malut dilaksanakan di daerah lain, seperti di Sulawesi Utara dan Jawa Timur, komoditas itu tercatat sebagai komoditas ekspor dari daerah tersebut.

HARUS BACA :  Rudal Starstreak Hingga Su-35 Ditargetkan Datang 2019
HARUS BACA :  Satgas Yonif 141/Ayjp Jaga Perbatasan Indonesia-Malaysia

Akibatnya, kontribusi Malut dalam data statestik ekspor komoditas perikanan Indonesia sangat kecil, selain itu Malut juga sulit untuk mengetahui secara pasti volume komoditas perikanan dari daerah ini yang menembus pasar ekspor setiap tahunnya.

Pemprov Malut sekaramg terus berusaha membangun infrastruktur penunjang ekspor, seperti pelabuhan dan bandara untuk memudahkan kegiatan ekspor, sehingga para pengusaha dalam merealisasikan ekspor komoditas perikanan dari daerah ini tidak perlu lagi menggunakan daerah lain saat mengirimnya ke negara tujuan.

HARUS BACA :  Tatap Muka Pangdam Pattimura, Sebelum Pindah ke Siliwangi

Salah satu Bandara di Malut yang diprogramkan untuk menjadi lokasi pengiriman komoditas perikanan Malut ke negara tujuan dengan menggunakan pesawat cargo adalah bandara Leo Wattimena di Kabupaten Pulau Morotai.

“Adanya infrastruktur penunjang ekspor tersebut diharapkan akan semakin mendorong para investor untuk menanamkan modal di sektor perikanan di Malut,” ujar Buyung Rajilun serta menambahkan potensi perikanan Malut mencapai sekitar 1 juta pertahun dan yang memanfaatkan baru sekitar 40 persen. Dirilis Antara 19-8-2017.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here