Indonesia-China Perkuat Visi Poros Maritim Dunia & Jalur Sutera

Indonesia-China Perkuat Visi Poros Maritim Dunia & Jalur Sutera

Militer.or.id – Indonesia-China Perkuat Visi Poros Maritim Dunia & Jalur Sutera.

Latihan KRI Usman Harun dan KRI Hasanuddin

Beijing – Indonesia dan China bersepakat untuk memperkuat keselarasan visi Poros Maritim Dunia dan Inisiatif Jalur Maritim Abad ke-21. Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan tertutup antara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Wiranto dengan State Councilor China Yang Jiechi pada 21-22 Agustus 2017 di Beijing.

Kedutaan Besar RI menyebutkan pada Rabu 23-8-2017 di Beijing, bahwa pertemuan keenam ini juga menghasilkan catatan yang menjadi pedoman bersama bagi pengembangan kerja sama bilateral di bidang politik, hukum, dan keamanan pada masa mendatang.

“Kedua delegasi juga menyepakati perlunya untuk mengadakan pertemuan ketujuh di Indonesia tahun depan,” ujar Sekretaris Ketiga Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Beijing, Sintia C Saeh.

Visi Poros Maritim Dunia digagas oleh Indonesia, sedangkan Inisiatif Jalur Maritim Abad ke-21 oleh China. Pertemuan keenam itu adalah lanjutan dari pertemuan sebelumnya pada 26-27 April 2016 di Beijing.

Pertemuan Wiranto dengan Wakil PM China juga membahas beberapa isu penting di bidang penegakan hukum, penanggulangan terorisme, pengendalian narkotika, keamanan siber, pertahanan, situasi di kawasan dan global yang menjadi kepentingan bersama.

“Kerja sama bilateral yang saling menguntungkan antara Indonesia dengan Tiongkok terus meningkat sejak ditandatanganinya Kemitraan Strategis Komprehensif pada 2013,” ujar Wiranto, dirilis Antara, 23-8-2017.

Dalam pertemuan itu Wiranto didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebagai delegasi, bersama beberapa pejabat dari Kemenko Polhukam, Kemenko Maritim, Kemlu, Kemhan, Kemhukham, KKP, BIN, BNPT, BAIS, dan Bakamla.

Pertemuan keenam diselenggarakan bersamaan dengan pertemuan ketiga Dialog Bidang Ekonomi yang dihadiri oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution. Delegasi Indonesia pada kedua pertemuan itu bertemu Ketua Kongres Rakyat Nasional Zhang Dejiang, Selasa 22-8-2017 di Beijing.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *