Militer.or.id – KRI Dewaruci Mengantar Taruna Jadi Pelaut Ulung.

Taruna

Surabaya – Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Kolonel (Mar) Suhono menegaskan kepada Taruna AAL tingkat II yang akan melaksanakan latihan dan praktek pelayaran Prajalasesya, bahwa kapal layar tiang tinggi (Tall Ship) KRI Dewaruci mengantarkan Taruna AAL menjadi pelaut ulung.

Pelayaran Prajalasesya bagi Taruna AAL angkatan ke-65 ini adalah yang pertama kali mengenal laut agar dihayati, dinikmati, dan dibuat senang serta menjaga kekompakan. Para Taruna juga senantiasa memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon perlindungan dan petunjuk dalam melaksanakan latihan ini dengan baik.

Jaga kesehatan dan utamakan keamanan dalam setiap kegiatan. “Tunjukkan bahwa para Taruna adalah pemuda pemudi terbaik bangsa yang bisa diandalkan. Jaga stamina dan tetap semangat,” tegas Wagub AAL Kolonel (Mar) Suhono memberikan pengarahan kepada 100 Taruna/Taruni AAL Tingkat II angkatan ke-65 yang akan melaksanakan Lattek Prajalasesya.

Taruna

Prajalasesya adalah pelayaran perdana bagi para Taruna Tingkat II AAL sebelum penentuan Korps. Pelayaran ini bertujuan untuk menanamkan dan menumbuhkan jiwa bahari serta membina kemampuan fisik.

Selain itu juga memperkenalkan, mengetahui, dan menghayati tata cara kehidupan di laut agar mempunyai daya tahan fisik dan mental sesuai dengan tuntutan kebutuhan sebagai prajurit matra laut.

Selanjutnya, Wagub AAL Kolonel Marinir Suhono memberangkatkan secara resmi Lattek Prajalasesya menggunakan KRI Dewaruci yang dibuat pada tahun 1952 di galangan kapal HC Stulchen & John Ship Hamburg, Jerman.

Pelayaran selama 7 hari mulai tanggal 23 s.d 29 Agustus 2017 ini akan menempuh rute Surabaya – Cirebon – Tegal dan kembali ke Surabaya. Selama singgah di kota-kota yang dilalui, mereka akan melaksanakan kunjungan kepada pejabat setempat dan ke sekolah-sekolah. 23 Agustus 2017,- Dispen TNI AL 23-8-2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here