Indonesia Menghadapi Ancaman Perang G-4

Militer.or.id – Indonesia Menghadapi Ancaman Perang G-4.

Ketua Umum PP Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI/Polri (FKPPI) Pontjo Sutowo menyatakan, Indonesia menghadapi ancaman perang generasi keempat (perang G-4). 

Bahkan, ancaman perang  senjata non militer ini sangat berbahaya karena yang diserang sendi-sendi dasar negara, sistem nilai dan tatanan institusional kebudayaan.

“Jadi ada musuh baik dari dalam negeri maupun luar negeri menggunakan senjata non militer untuk melumpuhkan ketahanan bangsa,” kata Pontjo saat  Forum Group Discussion (FGD) seri ke-2 yang digelar Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) -Mabes TNI AD-FKPPI-YSNB bertema Membangun Ketahanan Budaya dalam Menghadapi Perang Generasi IV di Jakarta.

HARUS BACA :  Pemerintah Tarik Utang Rp 11,7 T untuk Pengadaan Alutsista

Jika usaha ini sukses dijalankanm hanya soal waktu saja bangsa dan negara Indonesia akan bisa dikuasai baik secara langsung maupun tidak langsung.

HARUS BACA :  Uji Dinamis Rudal Petir Tahap 2

“Ssing saat ini menyerang bangsa kita melalui sarana non militer dan berbagai proksi (agen atau bonekanya). Serangan dengan cara seperti ini amat sulit untuk dideteksi,” katanya.

Lantas apa yang bisa dilakukan mevegahnya? “Budaya diakui menjadi salah satu upaya membentengi bangsa ini dari ancaman perang generasi keempat ini. Pembangunan budaya masih terabaikan di negeri ini, karena pembangunan budaya masih diidentikkan dengan artefak dan seni,” katanya.

HARUS BACA :  Howitzer Hingga RM-70 Grad di Latihan Rajawali 18 Korps Marinir

Letjen (Pur) TNI Slamet Supriadi Sip. Msc, MM, pengurus PPAD sekaligus ketua panitia FGD menyebut saat ini pembangunan nasional selama ini masih fokus pada pembangunan fisik dan material.

“Juga  berperilaku hedonisme, bahkan melakukan budaya sendiri dianggap sebagai hal yang kuno,” katanya.

PPAD-Mabes TNI AD, FKPPI dan YSNB berupaya mencari format yang tepat untuk mendorong pemerintah melakukan pembangunan kebudayaan.

HARUS BACA :  Baghdad Belum Putuskan Pembelian Sistem S-400 Rusia
HARUS BACA :  Rusia Khawatir Jepang Biarkan Washington Militerisasi Asia

Photo : Proxy Wars (Eskify)

Sumber : Tribunnews

Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Korea Utara Luncurkan 3 Rudal Balistik

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here