ISIS Dievakuasi dari Perbatasan Suriah-Lebanon

Militer.or.id – ISIS Dievakuasi dari Perbatasan Suriah-Lebanon.

Tentara Lebanon di Perbatasan dengan Suriah (Reutres / Hassan Abdallah)

Beirut – Iringan petempur ISIS dan keluarga mereka meninggalkan wilayah perbatasan Suriah-Lebanon pada Senin, 28/8/2017 di bawah pengawalan militer Suriah, dan menyerahkan daerah kantong dan pergi menuju Suriah timur setelah sepekan berperang.

Sejumlah ambulans dan bus, yang diperlihatkan dalam siaran televisi Suriah, berjalan perlahan melalui pedesaan perbukitan ketika pergi meninggalkan daerah perbatasan itu.

Pemulangan ini mengakhiri keberadaan pemberontak di perbatasan itu, tujuan penting diperjuangkan Lebanon dan Hizbullah, serta menandai untuk pertama kali, ISIS secara terbuka menyetujui pengungsian paksa dari wilayah kekuasaannya di Suriah.

HARUS BACA :  Indonesia Menjadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

ISIS menyetujui kesepakatan gencatan senjata, yang mulai berlaku pada Minggu, dengan tentara Lebanon di satu sisi dan Hizbullah serta tentara Suriah di sisi lain.

HARUS BACA :  Pindad Teken 8 MoU Strategis di Indo Defence 2018

Kelompok pemberontak itu kehilangan kendali atas sebagian besar daerah kantong pegunungan di wilayah perbatasan, sejak dua serangan dilancarkan di daerah perbatasan, dari sisi yang berlawanan.

HARUS BACA :  Sudan Berhasil Kawinkan Pesawat China, Rusia dan Amerika

Tentara Lebanon mengatakan serangannya terhadap kelompok ISIS tidak melibatkan koordinasi dengan tentara Suriah atau Hizbullah.

Kelompok Hizbullah Lebanon telah menjadi sekutu dekat Presiden Bashar al-Assad dalam perang enam tahun Suriah. Kelompok Syiah dukungan Iran itu telah memainkan peran penting dalam memerangi pemberontak di daerah perbatasan dan telah mengirim ribuan anggotanya ke Suriah untuk mendukung pemerintahan Bashar.

Iringan yang dikirim ke Suriah mencakup 308 petempur bersenjata dan 331 warga sipil, ujar petinggi kelompok Hizbullah, Hasan Nasrallah dalam pidatonya di televisi.

HARUS BACA :  Panglima TNI Kunjungi Robertson Barracks di Australia

ISIS akan menyerahkan seorang tawanan anggota Hizbullah dan jasad beberapa anggota pasukan Hizbullah serta satu petempur Iran yang tewas dalam pertempuran di Suriah.

HARUS BACA :  TNI Kerahkan Personel Evakuasi Korban Lion Air JT 610 – Militer.or.id

Pada tahap akhir kesepakatan, kedua pihak akan bertukar sejumlah jenazah dan tawanan itu dengan iringan gerilyawan di tempat persinggahan di Suriah, kata Nasrallah.

Sebelas petempur Hizbullah dan tujuh tentara Suriah tewas dalam serangan di wilayah Qalamoun, Suriah, kata Hasan Nasrallah.

“Pertempuran di perbatasan itu berakhir dengan pembebasan sepenuhnya tanah Lebanon dan keamanan terjaga di wilayah perbatasan dengan Suriah,” ujar Nasrallah. Reuters/Antara.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here