Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Jepang Tampilkan Tank Destroyer Type 16 MCV

Militer.or.id – Jepang Tampilkan Tank Destroyer Type 16 MCV.

Type 16 MCV Jepang (@ShephardNews)

Pasukan Bela Diri Jepang memamerkan beberapa kemampuan defensif mereka yang mengesankan selama demonstrasi militer di kaki Gunung Fuji, 27/8/2017.

Latihan yang disebut Fire Power ini, ditujukan untuk mempertahankan pulau-pulau di Jepang dari invasi hipotetis. Fire Power adalah latihan pertama dan mengikuti panduan pertahanan nasional baru Jepang.

Type 16 MCV Jepang (trafficnews.jp)

Selama demonstrasi live-fire dimunculkan satu prototype kendaraan lapis baja 8×8, Type 16 Manoeuvre Combat Vehicle (16MCV). Kendaraan Tempur Tipe 16 Manuver adalah tank destroyer beroda untuk Pasukan Bela Diri Jepang. Kendaraan Type 16 MCV ini menggunakan meriam 105 mm, dan unggul pada mobilitas dan transportasi melalui udara.

Type 16 MCV Jepang (trafficnews.jp)

Kendaraan fire support ini pertama kali diumumkan pada tahun 2013. Sumber resmi mengklaim bahwa MCV akan diproduksi oleh Mitsubishi Heavy Industries dan disebarkan pada 2017. Direncanakan sekitar 200-300 kendaraan ini akan dibangun untuk tentara Jepang. Ini akan menggantikan tank tempur utama yang mendua. Dengan mengakuisisi kendaraan pendukung beroda, Jepang berencana mengurangi jumlah tank tempur utama dari 740 menjadi 300 unit dalam beberapa tahun ini.

Specifications and performance

Crew: 4
Weight when fully loaded: approx. 26 t
Length: 8.45 m
Width: 2.98 m
Height: 2.87 m
Top speed: approx. 100 km/h
Engine: water-cooled 4-cycle 4-cylinder diesel 570 ps/2,100 rpm

Weapons

105 mm cannon
12.7 mm heavy machine gun
7.62 mm machine gun

Pembangunan MCV ini dimaksudkan untuk membantu melengkapi kembali divisi dan brigade yang ada yang direorganisasi menjadi divisi / brigade mobile (rapid reaction), serta melengkapi resimen reaksi cepat khusus yang baru, bersamaan dengan lapis baja Light-weight Combat Vehicle System (LCV) yang juga dirancang untuk pertahanan pulau-pulau terluar Jepang. (Defence-blog.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *