AAL Akan Melaksanakan Pelayaran Perdana dengan KRI Bima Suci

AAL Akan Melaksanakan Pelayaran Perdana dengan KRI Bima Suci

Militer.or.id – AAL Akan Melaksanakan Pelayaran Perdana dengan KRI Bima Suci.

Menjelang persiapan keberangkatan pelayaran Kartika Jala Kridha (KJK) Taruna Tingkat III AAL Angkatan ke-64 pada tanggal 12 September mendatang, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., memberikan pengarahan kepada Taruna Tingkat III tentang hal-hal yang perlu diperhatikan mulai dari keberangkatan maupun selama pelayaran hingga tiba di tanah air. Pengarahan dilaksanakan di gedung Salahutu, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Selasa (5/9).

Gubernur AAL menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para Taruna diantaranya yaitu mengenai keterbatasan bagasi saat keberangkatan, karena pada waktu berangkat mereka akan naik pesawat terbang. Begitu pula saat transit di Doha dan Madrid agar para Taruna terkoordinir antara satu dengan yang lain, sehingga semuanya berlajan dengan baik dan lancar.

Begitu pula saat sampai di tujuan dan naik kapal, Gubernur AAL mengatakan agar para Taruna segera melaksanakan orientasi kapal secepat mungkin, hal ini bertujuan untuk mengetahui ruangan-ruangan yang berada di kapal perang yang masih baru tersebut. Gubernur AAL juga berpesan kepada para Taruna agar selalu menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan pelayaran ini dengan lancar. Termasuk saat sandar di beberapa negara, para Taruna akan melaksanakan  kirab kota dan menampilkan beberapa kesenian daerah sebagai ajang promosi wisata Indonesia. “Jaga martabat diri sendiri, martabat Akademi dan martabat TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara”, pesan Gubernur AAL. Pada kesempatan tersebut Gubernur AAL juga mengecek kelengkapan pakaian yang akan digunakan para Taruna dalam kegiatan pelayaran ini.

Kartika Jala Kridha merupakan pelayaran muhibah ke luar negeri bagi Taruna AAL dengan menggunakan kapal latih Taruna. Namun pada tahun ini, kapal latih yang digunakan para Taruna bukan kapal latih KRI Dewaruci seperti tahun-tahun sebelumnya, akan tetapi mereka akan melaksanakan pelayaran perdana dengan menggunakan kapal latih Taruna pengganti KRI Dewaruci, yaitu KRI Bima Suci. Sebanyak 119 Taruna Tingkat III AAL angkatan ke-64 bersama anak buah kapal KRI Bima Suci yang telah disiapkan berlayar dari Vigo, Spanyol menuju Jakarta, Indonesia.

Sesuai rencana mereka akan bertolak dari Vigo, Spanyol tanggal 18 September 2017 setelah KRI Bima Suci secara resmi diserahkan dari Pemerintah Spanyol kepada Pemerintah Indonesia pada tanggal 10 September 2017. Rencananya Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., menghadiri acara peresmian tersebut.

Dalam pelayarannya, KRI Bima Suci akan singgah di beberapa negara yaitu Italy, Mesir, Saudi Arabia, Oman dan Sri Lanka dan masuk Indonesia melaui Padang menuju Jakarta. Dengan kecepatan sembilan knot diperkirakan KRI Bima Suci tiba di Jakarta tanggal 22 Oktober mendatang.

Photo : KRI Bimasuci (Shipspotter)

Sumber : Pen AAL

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *