Dialog Kerjasama Pertahanan Indonesia Prancis 2017

Dialog Kerjasama Pertahanan Indonesia Prancis 2017

Militer.or.id – Dialog Kerjasama Pertahanan Indonesia Prancis 2017.

Dialog Kerjasama Pertahanan Indonesia Prancis, Lombok, NTB, 19/9/2017(Kemhan RI)

Lombok – Indonesia dan Perancis melalui Kementerian Pertahanan masing-masing mengadakan forum pertemuan dialog bilateral pertahanan rutin tahunan kelima atau the 5th Indonesia-Frace Defence Dialogue (IFDD), 19-20 September 2017 di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pertemuan ini merupakan implementasi dan juga tindaklanjut dari Letter of Intent (LoI) tentang Peningkatan Kerja Sama Pertahanan yang belum lama ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu bersama Menteri Pertahanan Republik Perancis Jean-Yves Le Drian pada bulan Maret lalu di Jakarta.

Dalam LoI tersebut Indonesia dan Perancis sepakat untuk memperdalam dan meningkatkan kerja sama pertahanan dengan memperluas kerangka dan ruang lingkup Dialog Pertahanan Indonesia – Perancis yang disertai semangat saling menguntungkan dan kemitraan.

Kerjasama pertahanan yang dibicarakan oleh kedua negara dalam forum IFDD tersebut meliputi tiga hal pokok yakni Strategic Dialog, Military Cooperation dan Defence Industry Cooperation.

Dalam forum IFDD ini, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirketur Kerjasama Internasional Drektorat Jenderal Strategi Pertahanan (Dirkersin Ditjen Strahan) Kemhan Brigjen TNI Rizerius Eko Hadisancoko. Sedangkan Delegasi Perancis dipimpin oleh Director Asia Pasific at Direction Generale de I’ammement (DGA) Ministry of Defence of the Republic of France RDML (Engineer) Guillaume de Garidel.

Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan dalam sambutannya berharap Dialog Pertahanan Indonesia – Perancis ini dapat menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk mendiskusikan tentang bagaimana upaya-upaya untuk memperkuat dan meningkatkan kerja sama pertahanan yang telah telah terjalin baik selama ini kearah yang lebih konkret lagi

Menurutnya, hubungan pertahanan antara Indonesia dan Prancis sangat penting karena tidak hanya untuk keamanan dan kesejahteraan kedua negara, namun juga untuk berkontribusi menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan dan global.

DSC_6811“Indonesia dan Perancis adalah dua negara yang berperan penting dalam promosi perdamaian dan stabilitas dunia. Hubungan pertahanan Indonesia dan Perancis akan membantu pengembangan kapasitas pertahanan Indonesia yang pada gilirannya juga memperkuat peran Indonesia dalam menjaga perdamaian dan keamanan di wilayah ini dan sekitarnya”, jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan RI, saat ini kedua negara menghadapi tantangan yang berasal dari ancaman keamanan tradisional. Kedua negara juga dihadapkan oleh ancaman keamanan non-tradisional, yaitu gerakan radikal yang sekarang mewujudkan diri mereka dalam bentuk aksi terorisme global. Melihat dari tantangan-tantangan tersebut di atas, maka pentingnya untuk memperkuat kerjasama pertahanan antara Indonesia dan Perancis.

Sementara itu, Ketua Delegasi IFDD Perancis RDML (Engineer) Guillaume de Garide menyampaikan, Perancis dan Indonesia saling mengenal sebagai mitra strategis. Banyak kerja sama di bidang pertahanan yang telah dilakukan kedua negara selama beberapa tahun terakhir ini. Kedua negara juga terus saling mendukung bagi terciptanya keamanan dan stabilitas keamanan di kawasan regional maupun global.

Melalui forum dialog pertahanan yang sangat konstruktif ini Perancis ingin meningkatkan dan memperdalam kerja sama dengan Indonesia di bidang pertahanan. Dialog bilateral ini telah terbukti bermanfaat dalam banyak aspek. (Kemhan RI).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *