Tank Medium Pindad Akan Meriahkan HUT ke-72 TNI

Militer.or.id – Tank Medium Pindad Akan Meriahkan HUT ke-72 TNI.

Jakarta – Pindad bekerja sama dengan FNSS Turki telah merampungkan pembuatan satu prototype tank medium dan akan dipamerkan pada HUT ke-72 TNI 5 Oktober 2017.

Indonesian Military Fans, Rizki Adhinegara menampilkan video hull (badan) dari Tank Medium FNSS-Pindad, 23/9/2017, yang berada di Bandara Soerkarno- Hatta, Cengkareng, Banten.

Video yang kedua tampak hull tank medium FNSS-Turki diangkukt oleh transporter, yang dirilis tanggal 23/9/2017.

Adapun video ketiga yang dirilis tanggal 24/9/2017, menunjukkan tank medium FNSS-Pindad telah dilengkapi turret dan sedang melakukan manuver (pivot).

Sebelumnya pada pameran IDEF 2017 yang berlangsung di Istanbul Turki, 12/5/2017, FNSS telah memamerkan tank medium ini. Dalam IDEF 2017, pada tank Kaplan MT telah terpasang bendera Turki dan Indoensia.

Prototype tank medium KAPLAN, FNSS-Pindad (IDEF 2017)

Direktur Utama Pindad Abraham Mose saat ditemui Antara, 21/9/2017, di IBDExpo 2017 di Jakarta, mengatakan, pngembangan medium tank ini untuk memperkuat sistem pertahanan nasional dan TNI akan membutuhkan 300 unit. Dari jumlah tersebut, Pindad memproyeksikan akan merampungkan 100 unit tank medium pada tahun 2018.

Tank Medium Pindad-FNSS (photo : Rizki Adhinegar)

Tank dengan bobot 32 sampai 35 ton ini menggunakan canon 105 mm, CT-CV weapon station dari CMI Defence. Tata letak tank medium ini mirip dengan standar MBT (Main Battle Tank) dengan kursi pengemudi di bagian depan tank, turret berada di tengah dengan posisi komandan dan petempak berada di bagian belakang.

Tank Medium Pindad-FNSS (photo : Rizki Adhinegar)

Tank ini memberikan perlindungan balistik dan ranjau Level 4 (STANAG 4569), mampu menahan tembakan senjata berukuran 14,5 mm AP pada 360 derajat, serpihan amunisi 155mm pada 30 meter dan ledakan ranjau 10 kg TNT di yang terpasang di tanah/lantai. Tank ini dapat dilengkapi dengan armor tambahan untuk meningkatkan perlindungan hingga ke Level 5 (STANAG 4569) untuk mengantisipasi amunisi 25mm APDS-T (Armor Piercing Discarding Sabot-Tracer).

HARUS BACA :  Dislitbang TNI dan UAD Yogya Uji Fungsi Rudal Merapi

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Pendidikan Kualifikasi Khusus Juru Montir Udara

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Indonesia to Deliver 2 PH Air Force Aircraft this Quarter