Militer.or.id – Tank Harimau Hitam Pindad Latihan di Cilegon.

Cilegon – Alutsista TNI berupa kendaraan tempur lapis baja baik berpenggerak roda maupun rantai, melakukan latihan parade alutsista TNI di Pelabuhan Pantai Indah Kiat, Merak, Cilegon, Banten, 1/10/2017, seperti video yang diposting oleh Agung Muhammad Saputra di halaman facebooknya.

Latihan ini adalah persiapan untuk parade alutsista TNI yang akan dilakukan dalam memperingati HUT ke-72 TNI tahun 2017, di Cilegon, Banten, 5 Oktober 2017, mendatang.

Panser Pandur 2, meriam 105 mm (photo : FB Agung Muhammad Saputra)

Dalam latihan ini tampak infantry fighting vehicle Pandur 2 8×8 yang mengusung meriam 105 mm. Kendaraan tempur ini tampak besar dan gagah, karena ukurannya memang besar menggunakan 8 roda.

Tank Harimau HItam Pindad meriam 105 mm (photo : FB Agung Muhammad Saputra)

Latihan parade alutsista ini, juga menampilkan tank medium Pindad yang diberinama Harimau Hitam, mengusung meriam 105 mm. Tank ini adalah hasil kerja sama antara PT Pindad dengan FNSS Turki untuk hull Kaplan MT dan kerjasama dengan CMI Defense Belgia untuk turret,=.

Tank Harimau HItam Pindad meriam 105 mm (photo : FB Agung Muhammad Saputra)

Pindad berencana mulai memproduksi tank medium Harimau Hitam pada tahun 2018. Dengan bergabungnya tank medium Pindad dan IFV Pandur 2, ke jajaran alutsista TNI, akan mendongkrak daya gedor TNI dalam menghadapi setiap ancaman.

Dengan hadirnya tank medium Harimau Hitam dan Panser Meriam Pandur 2, akan menambah kuat daya gedor lapis baja TNI AD dalam menghadapi setiap ancaman.

Dalam video ini, tampak pula, IFV Marder, Panser Kanon Badak, Panser Kanon Tarantula, MLRS Astros II, Howitzer Swagerak Caesar 155mm dan MBT Leoaprd 2 Revolution RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here