Indonesia Akan Buat Peta Laut yang Baru

Militer.or.id – Indonesia Akan Buat Peta Laut yang Baru.

Patroli Kapal TNI AL di Anambas, Kepulauan Riau.

Bandung. Militer.or.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan Indonesia saat ini membutuhkan peta atau kemaritiman yang baru untuk kebutuhan mengatasi permasalahan hukum di bidang kemaritiman.

“Memang harus dibuat karena kita mengalami ada orang yang kapal nubruk karang di Raja Ampat, mereka malah menyalahkan kita kenapa tidak punya (peta laut),” ujar Menteri Luhut saat memberikan kuliah umum di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa barat, Jumat, 3/11/2017.

HARUS BACA :  Navy Launches Repair Projects for 2 Patrol Corvettes

Luhut menegaskan saat ini pemerintah sedang bekerja membuat peta laut tersebut dan pembuatannya diprediksi tidak membutuhkan waktu lama.

“Saya pikir sekarang kita sedang bekerja, untuk membuat supaya kita membuat peta Indononesia seluruhnya,” ujar Luhut.

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, kata Luhut, sekitar 79 persen adalah laut dan sisanya daratan.

“Kita baru tahu juga sadar kekuatan hukum laut kita juga masih terbatas. Peta laut seperti topografi kita belum punya dan ada (bagian di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman) yang jadi badan sendiri untuk membuat peta laut Indonesia,” katanya.

HARUS BACA :  Garuda Layani Rute Kupang-Dili Mulai 15 November 2017
HARUS BACA :  Satgas Ambalat 23 Resmi Bertugas di Pulau Sebatik

Potensi ekonomi di bidang kemaritiman sangat tinggi yakni sebesar Rp 1,33 triliun per tahunnya.

Oleh karena itu Menko Kemaritiman mengajak kalangan akademisi seperti Universitas Padjadjaran untuk bersama-sama dengan pemerintah melakukan kajian mendalam tentang ekonomi kemaritiman Indonesia.

“Anda harus betul-betul bikin studi dalam hrus kuat. Saya sedih kalau hukum laut kita lemah,” ujar Luhut Pandjaitan. (Antara).

HARUS BACA :  Satgas Yonif Raider 515 Kostrad Bantu Nenek Zahora

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Korut dan Korsel Akan Bertemu Bahas Utusan Olimpiade Musim Dingin

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here