Indonesia Akan Buat Peta Laut yang Baru

Indonesia Akan Buat Peta Laut yang Baru

Militer.or.id – Indonesia Akan Buat Peta Laut yang Baru.

Patroli Kapal TNI AL di Anambas, Kepulauan Riau.

Bandung. Militer.or.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan Indonesia saat ini membutuhkan peta atau kemaritiman yang baru untuk kebutuhan mengatasi permasalahan hukum di bidang kemaritiman.

“Memang harus dibuat karena kita mengalami ada orang yang kapal nubruk karang di Raja Ampat, mereka malah menyalahkan kita kenapa tidak punya (peta laut),” ujar Menteri Luhut saat memberikan kuliah umum di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa barat, Jumat, 3/11/2017.

Luhut menegaskan saat ini pemerintah sedang bekerja membuat peta laut tersebut dan pembuatannya diprediksi tidak membutuhkan waktu lama.

“Saya pikir sekarang kita sedang bekerja, untuk membuat supaya kita membuat peta Indononesia seluruhnya,” ujar Luhut.

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, kata Luhut, sekitar 79 persen adalah laut dan sisanya daratan.

“Kita baru tahu juga sadar kekuatan hukum laut kita juga masih terbatas. Peta laut seperti topografi kita belum punya dan ada (bagian di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman) yang jadi badan sendiri untuk membuat peta laut Indonesia,” katanya.

Potensi ekonomi di bidang kemaritiman sangat tinggi yakni sebesar Rp 1,33 triliun per tahunnya.

Oleh karena itu Menko Kemaritiman mengajak kalangan akademisi seperti Universitas Padjadjaran untuk bersama-sama dengan pemerintah melakukan kajian mendalam tentang ekonomi kemaritiman Indonesia.

“Anda harus betul-betul bikin studi dalam hrus kuat. Saya sedih kalau hukum laut kita lemah,” ujar Luhut Pandjaitan. (Antara).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *