Universitas Indonesia Juara Umum Gemastik 2017

Militer.or.id – Universitas Indonesia Juara Umum Gemastik 2017.

Universitas Indonesia Juara Umum Gemastik 2017 (photo : @_gemastik)

Depok, Militer.or.id – Universitas Indonesia (UI) berhasil menjadi Juara Umum Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) X Tahun 2017. Ketua Panitia Gemastik X 2017 Dr Arman Nefi, pada Minggu 5-11-2017 di Depok, Jawa Barat, mengatakan bangga melihat antusiasme para mahasiswa se-Indonesia dalam mengikuti kegiatan Gemastik ini.

Dr Arman Nefi berharap, para mahasiswa tidak hanya puas pada pencapaian tersebut melainkan terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasinya dalam pengembangan TIK untuk kemajuan SDM bangsa Indonesia.

“Terbukti dari tahun ke tahun, Gemastik semakin kompetitif dan tercatat tidak kurang dari 2.307 tim yang berasal dari 113 perguruan tinggi se-Indonesia telah mendaftarkan pada 10 kategori lomba Gemastik,” ujar Dr Arman Nefi.

HARUS BACA :  Latihan Kerja Sama Pasukan TNI, Menduduki Sasaran di Pulau Selaru

Para pemenang juara 1, 2, dan 3 pada setiap kategori mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang tunai masing-masing senilai Rp 5 juta, Rp 3,5 juta, dan Rp 2 juta. Sedangkan perguruan tinggi yang keluar sebagai juara umum berhak membawa pulang piala bergilir ‘Samakbya Padhesa Widya’ yang artinya informasi yang benar untuk ilmu pengetahuan.

HARUS BACA :  LPEI Bakal Biayai 6 BUMN untuk Ekspor Alutsista

Pada kategori Pemrograman, Tim Gak Ada Pencerahan dari UI, Tim Ainge ST dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Tim Itu Aja dari UI berhasil berturut-turut meraih peringkat pertama, kedua, dan ketiga.

Kategori lomba kedua yaitu Pengembangan Aplikasi Permainan, Tim Fragments dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Tim Vonnbit dari Universitas Pertamina, dan Tim MorningStar dari Universitas Telkom meraih juara pertama, kedua, dan ketiga.

HARUS BACA :  Satgas Yonif 323 Latih Bela Negara Siswa di Papua

Berikutnya, Tim Jupiter dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Tim Kalian Semua dari UI, dan Tim BCC-weebs dari Universitas Brawijaya berhasil mendapatkan peringkat pertama, kedua, dan ketiga pada kategori Pengembangan Perangkat Lunak.

Tim Usagi-Security dari UI berhasil meraih peringkat pertama pada kategori Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi, sedangkan Rebel dari ITB meraih peringkat kedua, dan Tim AV dari ITB serta tim Saya dari IPB keduanya berhasil meraih juara tiga.

Hafidz Rafizal Adnan, salah satu perwakilan dari Tim Sunstar. Gov dari UI selaku Juara Umum Gemastik X/2017 menuturkan kunci kemenangan timnya adalah pemilihan topik yang unik dengan area kesehatan merupakan area yang belum banyak terjamah di bidang IT.

HARUS BACA :  2 KRI Koarmabar Gabung di Multilateral Exercise Milan 18
HARUS BACA :  Kepala Bakamla RI Pembicara Keamanan Laut di Kongres Maritim II

“Kami membuat sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat mengetahui sebaran penyakit menular di Indonesia,” ujar Dr Arman Nefi. UI selaku tuan rumah Gemastik X/2017 sangat menyokong ajang lomba TIK nasional seperti ini, sebab mampu mendorong kemajuan pendidikan teknologi informasi di Indonesia.

Selain itu, penyelenggaraan Gemastik sangat dibutuhkan di era digital sekarang ini, dimana para mahasiswa yang merupakan tulang punggung pertumbuhan inovasi TIK Indonesia membutuhkan wadah untuk memacu ide dan kreativitasnya pada penguasaan ilmu TIK.

Diharapkan, para mahasiswa UI dan perguruan tinggi lainnya tidak putus berkarya sampai di sini saja, melainkan terus kembangkan potensi diri agar dapat menjadi SDM andal dan tangguh di bidang teknologi informasi guna meningkatkan daya saing bangsa, kata Ketua Panitia Gemastik X 2017 Dr Arman Nefi. (Antara)

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here