Aparat Upayakan Evakuasi 1300 Warga Banti-Kimbeli Timika

Militer.or.id – Aparat Upayakan Evakuasi 1300 Warga Banti-Kimbeli Timika.

dok. Tembagapura, Mimika, Papua. (wikipedia)

Timika, Militer.or.id – Aparat gabungan TNI dan Brimob belum berhasil mengevakuasi 1.300 warga sipil yang terisolasi di Kampung Banti dan Kimbeli karena 2 kampung itu masih diduduki dan dikuasai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, pada Kamis 16-11-2017 di Timika, mengatakan upaya evakuasi warga sipil itu terus dilakukan oleh aparat dengan membangun dialog dengan para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama di wilayah Tembagapura maupun dengan KKB.

“Upaya evakuasi warga sipil tetap kami lakukan. Dalam Satgas Terpadu sudah ada pembagian tugas, ada yang mengupayakan dialog dengan para tokoh, ada tim kesehatan yang menangani warga yang sakit dan membutuhkan bantuan pangan, ada juga tim yang melakukan patroli dan penegakan hukum agar para pelaku penembakan bisa terungkap dan tertangkap,” ujar Kombes AM Kamal.

HARUS BACA :  Su-57 Terbang Manuver 5 Meter di Atas Tanah

Dengan alasan meminimalkan risiko terhadap seribuan warga sipil itu, hingga kini aparat gabungan TNI dan Polri belum mengambil tindakan tegas untuk merangsek masuk ke Kampung Banti, Kimbeli, dan sekitarnya yang dikuasai KKB.

“Situasi yang terjadi di Tembagapura itu berbeda dengan bencana alam, sehingga benar-benar perlu mendapat atensi bersama, mengingat di sana ada sekelompok orang yang mengisolasi masyarakat dengan menggunakan senjata api sehingga masyarakat berada dalam kondisi tekanan atau intimidasi maka kita tidak mau ada efek yang lebih besar kepada anggota kita maupun kepada masyarakat. Upaya yang dibangun saat ini bagaimana memperkecil efek itu,” kata Kombes Kamal.

HARUS BACA :  China Menerima Resimen Sistem S-400 Pertama
HARUS BACA :  Skytrain Bandara Soekarno-Hatta, Beroperasi 17 September

Menyikapi semakin banyak masyarakat Banti, Kimbeli dan sekitarnya yang membutuhkan bantuan pangan saat ini, aparat terus menyediakan logistik di sekitar kantor Polsek Tembagapura. Warga diharapkan datang mengambil sendiri bantuan pangan di sekitar kantor Polsek Tembagapura dengan berjalan kaki dari kampung mereka.

Bantuan pangan tidak bisa didistribusikan dengan kendaraan ke kampung-kampung itu lantaran sudah dikuasai oleh KKB. Bahkan ruas jalan Tembagapura-Kimbeli-Banti dilaporkan telah dirusak dengan cara digali menggunakan alat berat milik salah satu perusahaan kontraktor yang mengerjakan ruas jalan Opitawak-Aroanop.

HARUS BACA :  Karya Fotografer Dapat Mengungkap Banyak Makna Tanpa Kata

Sejumlah kios barang kebutuhan pokok milik para pedagang non-Papua yang ada di Banti dan Kimbeli dilaporkan telah dijarah habis oleh KKB. Bahkan istri salah satu pemilik kios yang tengah hamil dua bulan beberapa waktu lalu dilaporkan mengalami perlakuan tidak senonoh karena diperkosa oleh beberapa pentolan KKB itu. (Antara).

HARUS BACA :  Lockheed Martin Akan Tawarkan F-16 Block 72 kepada TNI AU

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  779 Prajurit TNI di Sudan Terima Medali United Nation

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here