Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

KRI Banda Aceh 593 Dukung Sail 2017

Militer.or.id – KRI Banda Aceh 593 Dukung Sail 2017.

Sail Sabang adalah rangkaian dari Sail Indonesia seri ke-9 yang diluncurkan pertama kali di Bunaken Manado Sulawesi Utara.

Jakarta, Militer.or.id – Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh 593 milik Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), mendukung Sail Sabang 2017 yang diselenggarakan di Sabang, Aceh.

Kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) ini melaksanakan tugas dukungan perhelatan event besar akhir tahun 2017 dengan berlayar dari Dermaga Tanjung Priok menuju Sabang dengan transit di Pelabuhan Gudang Arang Belawan Sumatra Utara, dan berlabuh pada Jumat 1 Desember 2017 di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang.

KRI yang berada dibawah pembinaan Satlinlamil Jakarta dan dikomandani oleh Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E. ini mengangkut Satuan Tugas Pelayaran Lingkar Nusantara VII (Satgas Pelantara VII), Saka Bahari dan Bakti Bela Negara Sail Sabang 2017.

Jumlah peserta Satgas Pelantara VII, Saka Bahari dan Bakti Bela Negara Sail Sabang 2017 sebanyak 774 orang. Saat tiba di Pelabuhan Balohan, Sabang disambut oleh Danlanal Sabang,Wakil Walikota Sabang dan pejabat daerah setempat

Sebagai bagian dari perhelatan Sail Sabang 2017, Satgas Pelantara VII, Saka Bahari dan Bakti Bela Negara melaksanakan berbagai kegiatan Bakti Sosial yaitu di :

  1. Sekolah-sekolah.
  2. Masjid.
  3. Gereja.
  4. Yayasan.
  5. Pembersihan pantai.
  6. Kegiatan perkemahan.

Berdasarkan info dari Kementerian Pariwisata yang menjadi pelaksana penyelenggaraan mencatat jumlah penonton sampai tanggal 30 November 2017 mencapai 20 ribu orang dan juga mendatangi KRI Banda Aceh 593 yang melaksanakan open ship. Meskipun cuaca dalam kondisi hujan tidak menyurutkan dan antusias para pengunjung untuk tetap datang dan melihat KRI Banda Aceh 593.

Disela-sela acara Sail Indonesia ke-9 tersebut pula, KRI Banda Aceh 593 dikunjungi mantan Menko Kemaritiman Prof. Dr. Ir. Indroyono Soesilo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Arief Yahya.

Sail Sabang adalah rangkaian dari Sail Indonesia seri ke-9 yang diluncurkan pertama kali di Bunaken Manado tahun 2009. Sabang sendiri menjadi lokasi dari titik nol kilometer di ujung barat NKRI. Kepulauan ini membentang lebih dari 5.000 km dengan jarak sebanding dari Swedia ke Vladivostok.

Puncak acara Sail Sabang 2017 menampilkan tarian kolosal Laksamana Malahayati:

  1. Toll ship parade melayarkan KRI Bima Suci.
  2. Tall ship atau kapal dengan layar tinggi dari negara-negara yang dilewati seperti India, Malaysia, Thailand, dan Singapura yang  diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII.
  3. Konvoi 100 kapal yacht peserta Sail Sabang 2017 dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa.
  4. Parade kapal nelayan tradisional.

Selain itu, sejumlah kegiatan sebagai supporting event juga digelar antara lain :

  1. Jambore Iptek, International Freediving Competition.
  2. Sabang Underwater Contest.
  3. Sabang Carnival.
  4. Kapal Pemuda Nusantara.
  5. Aceh Culinary and Coffee Festival.
  6. Sabang Wonderful Expo and Marine Expo.
  7. Sales Mission Cruise Operator and Yacht.
  8. Seminar Wisata Bahari.

(tnial.mil.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *