Peletakan Lunas Kapal Patroli Keenam Proyek 22160 Rusia

Militer.or.id – Peletakan Lunas Kapal Patroli Keenam Proyek 22160 Rusia.

Ilustrasi kapal patroli Proyek 22160 Rusia. © Zelenodolsk Shipbuilding Plant

Militer.or.id – Pabrik Kapal Zelenodolsk milik Rusia yang dinamai Maksim Gorky akan mengadakan upacara peletakan lunas untuk kapal patroli keenam di negara bagian Tatarstan pada tanggal 13 Januari, seperti dilansir dari laman Naval Today.

Kapal patroli Proyek 22160 dirancang oleh Biro Desain Northern JSC (St. Petersburg) untuk patroli dan perlindungan zona ekonomi eksklusif (ZEE). Selain tugas patroli, kapal ini juga mampu mengawal dan melawan aktivitas pembajakan, serta melakukan fungsi pencarian dan penyelamatan.

HARUS BACA :  PAF Attack AW-109s up for Preventive Maintenance

Kapal pertama di kelasnya Vasily Bykov mulai dibangun pada bulan Februari 2014 dan kapal patroli lainnya telah berada dalam berbagai tahapan konstruksi.

Menurut laporan media, kapal patroli Proyek 22160 akan dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr dan akan dilengkapi hangar teleskopik dan dek helikopter dengan fasilitas untuk take-off dan landing helikopter SAR 12 ton berjenis Ka-27 PS.

HARUS BACA :  Latihan Vostok 2018 dan Signifikansi Strategis – Militer.or.id

Menurut kementerian pertahanan Rusia, kapal patroli Proyek 22160 tersebut berbobot 1.700 ton, dilengkapi 80 personil dan dapat melaju dengan kecepatan maksimum 30 knot serta memiliki jarak tempuh 6.000 mil laut.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here