Militer.or.id – Myanmar Pesan 6 Su-30 dari Rusia.

Jet tempur multiperan Su-30 buatan Rusia. ©Wikipedia

Militer.or.id – Rusia akan memasok 6 (enam) jet tempur multiperan Su-30 untuk Myanmar, menurut kesepakatan yang dicapai saat kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu ke negeri tersebut.

Seperti dilansir dari laman TASS online, bahwa kesepakatan itu dikonfirmasi oleh Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Alexander Fomin pada hari Senin.

“Selama kunjungan menteri pertahanan Rusia sebuah kesepakatan telah dicapai di mana Myanmar akan membeli enam pesawat Su-30”, kata Fomin, dan menambahkan bahwa pesawat itu akan menjadi pesawat tempur utama angkatan udara Myanmar untuk melindungi integritas teritorialnya dan menolak ancaman teror apapun.

Menurut wakil menteri pertahanan, persenjataan Rusia telah membuktikan kemampuan mereka selama beroperasi di Angkatan Bersenjata Myanmar.

“Disini ada helikopter Mi-24, Mi-35 dan Mi-17, termasuk pesawat tempur MiG-29, pesawat latih tempur Yak-130, juga ada sistem pertahanan udara Pechora-2 dan peralatan lainnya”, kata Letnan Jenderal Alexander Fomin.

Dia juga melaporkan bahwa lebih dari 600 tentara Myanmar sedang belajar di institusi pendidikan militer Rusia. Semua itu membantu memperketat keamanan di wilayah Asia Tenggara dan Pasifik, menurut Fomin.

Pada tanggal 20-22 Januari, Shoigu mengunjungi Myanmar dalam sebuah kunjungan resmi. Sebuah kesepakatan antar pemerintah mengenai entri yang efisien untuk kapal perang Rusia dan Myanmar telah ditandatangani pada saat kunjungan tersebut.

Selain kesepakatan pembelian 6 jet tempur Su-30, pemerintah Myanmar juga tertarik untuk membeli sejumlah alutsista lain untuk kebutuhan Angkatan Laut dan Angkatan Darat Myanmar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here