Helikopter LCH “Make in India” Diuji

Militer.or.id – Helikopter LCH “Make in India” Diuji.

Helikopter tempur ringan LCH buatan HAL, India. ©Venkat Mangudi

Militer.or.id – Di bawah program Make In India, Hindustan Aeronautics Limited (HAL) telah melakukan serangkaian pengujian pada Light Combat Helicopter (LCH), di lansir dari laman Times of India. (22/1/2018)

Uji kemampuan serang dilaksanakan di Pokhran Field Firing Range di Jaisalmer, India.

Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO), Angkatan Udara India dan ilmuwan HAL sedang mengawasi proses pengujian tersebut untuk memverifikasi berbagai parameter pada LCH.

HARUS BACA :  Memeriksa Kesiapan 2 KCR-40 Satkatarmabar

Menurut informasi dari sumber terpercaya, pengujian ini telah berlangsung selama satu pekan terakhir dalam kondisi iklim gurun pasir. Kemampuan karakteristik tembakannya dinilai dari ketinggian yang bervariasi. Percobaan serupa sebelumnya telah diadakan di Siachen.

HARUS BACA :  Biaya Modernisasi CIWS Phalanx Jepang $ 45 Juta

Meskipun LCA adalah helikopter ringan berbobot 5,5 ton, namun merupakan platform tempur serbaguna, helikopter ini adalah helikopter serang yang dipergunakan melawan tank musuh, kendaraan lapis baja pengangkut personel, pesawat terbang yang lamban, kapal perang permukaan dan bahkan kapal selam.

Helikopter ALH Rudra buatan India. ©HAL

LCH juga dapat digunakan untuk misi pencarian dan penyelamatan serta pengawasan. LCH ini berbeda dengan versi tempur ALH Rudra, karena Rudra bisa membawa tentara dan memiliki senjata untuk mendukung perannya, LCH memiliki peran serangan murni dengan kemampuan manuver, kelincahan dan lapis baja dan senjata yang lebih baik.

HARUS BACA :  ARA San Juan Argentina yang Hilang Setahun Lalu Ditemukan

LCH memiliki tingkat pendakian yang lebih baik, lebih siluman dan aerodinamika yang lebih baik daripada ALH Rudra dan bisa berfungsi sebagai gunship.

Sumber HAL mengatakan bahwa LCH 5,8 ton ini dipersenjatai dengan turret senjata 20 mm, roket 70 mm dan dapat dilengkapi dengan peluru kendali (rudal).

HARUS BACA :  DND Eyes Having 2 Percent of GDP for Defense Spending

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Tank Medium Pindad Akan Tampil di HUT ke-72 TNI, Cilegon

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here