Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Militer India Meminta Briefing Rahasia Soal F-35A

Militer.or.id – Militer India Meminta Briefing Rahasia Soal F-35A.

Tiga varian dari jet tempur siluman F-35, dari kiri ke kanan, F-35A, F-35B dan F-35C. © US Air Force via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Angkatan Udara India (IAF) telah meminta briefing rahasia pada Lockheed Martin untuk membahas pesawat tempur generasi kelima F-35A, seperti di lansir dari laman Business Standard. (15/2/2018)

Menurut Business Standard, para petinggi IAF secara formal meminta briefing rahasia kepada pengembang utama pesawat tempur F-35, yakni Lockheed Martin, mengenai kemampuan jet tempur generasi kelima yang dikembangkan berdasar program Joint Strike Fighter AS.

Sumber lokal melaporkan bahwa IAF berusaha untuk mendapatkan “pesawat tempur generasi berikutnya” guna mengganti pesawat tempur MiG-27 dan MiG-29 yang telah menua. Diperkirakan Angkatan Udara India berencana untuk memesan 126 jet tempur baru yang berkemampuan lepas landas dan mendarat secara konvensional.

F-35A Lightning II adalah pesawat tempur multiperan yang fleksibel, serbaguna, serta berperforma tinggi yang memberikan kemampuan tak tertandingi dan juga kesadaran situasional yang belum pernah ada sebelumnya yang dikembangkan oleh Lockheed Martin.

Paket sensor canggih F-35A, dirancang untuk mengumpulkan serta mendistribusikan informasi lebih banyak daripada pesawat tempur manapun dalam sejarah, memberikan para operator keuntungan yang menentukan atas semua musuh.

Kekuatan pemrosesan datanya yang luar biasa, arsitektur terbuka, sensor yang canggih, perpaduan informasi dan hubungan komunikasi yang fleksibel menjadikan F-35 sebagai alat yang sangat diperlukan untuk pertahanan ataupun operasi tempur utama di masa depan.

Dengan kemampuan lepas landas dan mendarat konvensional, F-35A dibangun untuk Pangkalan Udara tradisional. F-35A ini menggunakan metode “boom” untuk mengisi bahan bakar di udara dan merupakan satu-satunya varian F-35 yang memiliki meriam (cannon) internal.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *