Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Jepang Ingin Beli 25 Unit F-35A Tambahan

Militer.or.id – Jepang Ingin Beli 25 Unit F-35A Tambahan.

Jet tempur generasi kelima, F-35 Lightning II. © skeeze via pixabay.com CC0

Militer.or.id – Jepang berencana untuk membeli setidaknya 25 unit jet tempur siluman F-35A tambahan dalam enam tahun ke depan, sebagian atau seluruhnya bisa dibeli langsung dari Lockheed Martin dan bukan dirakit secara lokal, seperti dilansir dari laman Daily Sabah.

“Secara anggaran dan jadwal produksi, akuisisi baru sekitar 25 pesawat sudah sesuai”, kata sumber yang mengetahui rencana tersebut, yang meminta tak disebutkan namanya.

Sumber tersebut menambahkan bahwa membeli pesawat lengkap dari Amerika Serikat, seharga $ 100 juta per unit, akan bisa menghemat sekitar $ 30 juta per pesawat untuk Jepang.

Pembelian tersebut sebagai tambahan, karena sebelumnya Jepang telah memesan 42 unit, yang sebagian besar dibangun di Jepang oleh Mitsubishi Heavy Industries (MHI), kontraktor pertahanan terkemuka di negara tersebut.

Pabrik MHI tersebut adalah satu dari dua pabrik di luar Amerika Serikat. Yang lainnya, berada di Italia yang dioperasikan oleh Leonardo Spa.

Setelah China menyebar pesawat tempur yang lebih maju, termasuk pesawat siluman, dan saat Korea Utara mendorong maju senjata nuklir serta program rudal balistiknya, menambah F-35 akan semakin meningkatkan ketergantungan Jepang pada teknologi militer AS untuk memberikan keunggulan atas musuh potensial di Asia Timur.

Militer Jepang juga sedang mempertimbangkan untuk membeli jet tempur F-35B, versi pesawat degan lepas landas dan landing vertikal (VTOL). Model ini bisa beroperasi dari pulau-pulau kecil di Laut China Timur atau pun dari kapal perang seperti kapal induk helikopter kelas Izumo.

Jepang juga bermaksud untuk membangun pesawat tempur silumannya sendiri, yang dijuluki sebagai F-3, walaupun tingginya biaya pengembangan pesawat militer berarti Jepang mungkin perlu untuk mencari mitra asing guna berbagi biaya tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *