Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Kapitalisme Mengamuk: Utang AS Tembus $ 21 Triliun

Militer.or.id – Kapitalisme Mengamuk: Utang AS Tembus $ 21 Triliun.

Lembaran baru mata uang dengan nominal 2 dolar © Christopher Hollis via Wikimedia Commons

Militer.or.id – AS, negara debitur terkemuka di dunia, telah mencapai tonggak sejarah lain yang patut dipertanyakan dalam perjalanannya yang tampak sangat cepat ke dalam pelepasan ekonomi, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Total utang Amerika Serikat saat ini telah mencapai $ 21 triliun untuk pertama kalinya menurut statistik pemerintah, setelah enam bulan yang lalu diumumkan bahwa utang AS telah mencapai $ 20 triliun untuk pertama kalinya.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada bulan Februari menandatangani sebuah surat untuk mengakhiri penangguhan batas utang, yang sekarang telah mengizinkan peminjaman tak terbatas hingga 1 Maret 2019, menurut Marketwatch.com.

Sementara defisit anggaran AS yang jauh lebih luas diprediksi oleh para ekonom setelah pemotongan pajak baru oleh pemerintahan Trump pada Desember 2017, laju pinjaman berskala besar mengejutkan banyak orang, karena defisit pada bulan Februari sebesar $ 215 miliar atau naik 12 persen dari bulan yang sama tahun lalu.

Besarnya utang yang belum pernah terjadi sebelumnya hanyalah permulaan, diklaim
oleh Peter Peterson, seorang bankir investasi dan mantan Menteri Perdagangan AS semasa Presiden Richard Nixon.

“Utang negara kita mencapai $ 21 triliun, dan yang mengejutkan saat ini, telah tumbuh sebesar $ 1 triliun hanya dalam enam bulan terakhir”, tutur Peterson kepada Washington Examiner.

Peterson menambahkan bahwa yang lebih parah lagi, tonggak sejarah tersebut baru saja di mulai termasuk dampak peraturan pajak dan belanja fiskal terbaru yang tidak bertanggung jawab secara fiskal, semakin menambahkan lebih banyak utang di atas perkiraan yang tidak berkelanjutan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *