Tokyo Klaim Nama “Laut Jepang” Didirikan Secara Internasional

Tokyo Klaim Nama “Laut Jepang” Didirikan Secara Internasional

Militer.or.id – Tokyo Klaim Nama “Laut Jepang” Didirikan Secara Internasional.

Upacara komisioning JS Asahi DD-119, destroyer ASW kelas 25DD pertama Angkatan Laut Jepang © binmei via Youtube

Militer.or.id – Kementerian Luar Negeri Jepang pada hari Selasa menyerahkan kertas diplomatik tahunan kepada Kabinet Jepang yang berisi klaim kedaulatannya atas pulau Dokdo yang berada paling timur Korea Selatan di wilayah Laut Timur.

Seperti dilansir dari laman KBS World Radio, “2018 Diplomatic Bluebook” mengulangi kembali pernyataan bahwa Dokdo adalah “bagian tak terpisahkan dari wilayah Jepang” menurut fakta sejarah dan juga hukum internasional.

Untuk pertama kalinya, makalah tahun ini juga memasukkan klaim bahwa “Laut Jepang” adalah satu-satunya gelar internasional yang ditetapkan untuk wilayah perairan antara Korea Selatan dan Jepang. Sementara Korea Selatan menyebutnya sebagai “Laut Timur”.

Makalah Kementerian Luar Negeri Jepang itu juga menolak pernyataan bahwa “Korea Selatan adalah tetangga paling penting bagi Jepang” dalam hal berbagi kepentingan strategis.

Klaim teritorial dan provokasi diplomatik oleh Pemerintah Jepang ini cenderung memiliki efek negatif pada hubungan antara Korea Selatan dan Jepang.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *