Militer.or.id – Tokyo Klaim Nama “Laut Jepang” Didirikan Secara Internasional.

Upacara komisioning JS Asahi DD-119, destroyer ASW kelas 25DD pertama Angkatan Laut Jepang © binmei via Youtube

Militer.or.id.com – Kementerian Luar Negeri Jepang pada hari Selasa menyerahkan kertas diplomatik tahunan kepada Kabinet Jepang yang berisi klaim kedaulatannya atas pulau Dokdo yang berada paling timur Korea Selatan di wilayah Laut Timur.

Seperti dilansir dari laman KBS World Radio, “2018 Diplomatic Bluebook” mengulangi kembali pernyataan bahwa Dokdo adalah “bagian tak terpisahkan dari wilayah Jepang” menurut fakta sejarah dan juga hukum internasional.

Untuk pertama kalinya, makalah tahun ini juga memasukkan klaim bahwa “Laut Jepang” adalah satu-satunya gelar internasional yang ditetapkan untuk wilayah perairan antara Korea Selatan dan Jepang. Sementara Korea Selatan menyebutnya sebagai “Laut Timur”.

Makalah Kementerian Luar Negeri Jepang itu juga menolak pernyataan bahwa “Korea Selatan adalah tetangga paling penting bagi Jepang” dalam hal berbagi kepentingan strategis.

Klaim teritorial dan provokasi diplomatik oleh Pemerintah Jepang ini cenderung memiliki efek negatif pada hubungan antara Korea Selatan dan Jepang.

Jangan lupa isi form komentar di bawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here