Pertempuran Russian Mercenaries dan US Commandos di Suriah

Pertempuran Russian Mercenaries dan US Commandos di Suriah

Militer.or.id – Pertempuran Russian Mercenaries dan US Commandos di Suriah.

ilustrasi : A US Green Beret. (photo: Staff Sgt. Bryan Henson via US DoD)

Washington, Militer.or.id – Serangan artileri begitu kuat sehingga pasukan komando Amerika Serikat menukik ke lubang perlindungan untuk perlindungan, muncul dalam debu dan puing-puing untuk menembak kembali ke kolom tank yang bergerak di bawah tembakan yang deras.

Itu adalah salvo pembukaan dalam serangan hampir 4 jam di bulan Februari 2018 oleh sekitar 500 pasukan pro-Suriah – termasuk tentara bayaran Rusia – yang mengancam mengobarkan ketegangan antara Washington dan Moskow, yang memang telah panas, dirilis Nytimes.com, 24-5-2018.

Pada akhirnya, 200 hingga 300 pejuang yang menyerang terbunuh. Yang lain mundur setelah serangan udara tanpa ampun dari Amerika Serikat, mundur kembali ke posisi medan perang mereka. Tidak ada orang Amerika di pos kecil di Suriah Timur itu yang dirugikan.

Yang lain mundur dengan serangan udara tanpa ampun dari Amerika Serikat, kembali kemudian untuk mengambil kembali medan perang mereka. Tak satu pun dari orang Amerika di pos kecil di Suriah timur – sekitar 40 orang pada akhir baku tembak – yang terluka.

Rincian dari baku tembak 7 Februari 2018 diperoleh dari wawancara dan dokumen yang baru diperoleh oleh The New York Times. Mereka memberikan penilaian publik pertama Pentagon tentang salah satu pertempuran paling berdarah yang dihadapi militer Amerika di Suriah sejak dikerahkan untuk memerangi ISIS.

Baku tembak itu digambarkan oleh Pentagon sebagai tindakan membela diri terhadap unit pasukan pemerintah pro-Suriah. Dalam wawancara, para pejabat militer Amerika Serikat mengatakan mereka telah menyaksikan – dengan ketakutan – ratusan pasukan musuh yang mendekat, kendaraan dan unit artileri dalam seminggu menjelang serangan itu.

Prospek pasukan militer Rusia dan pasukan Amerika bertabrakan telah lama ditakuti sebagai musuh Perang Dingin mengambil sisi yang berlawanan dalam perang sipil Suriah selama 7 tahun.

Kondisi paling buruk, para pejabat dan para ahli mengatakan, itu bisa membuat kedua negara terlibat konflik berdarah. Dan setidaknya, berhadapan di medan perang yang padat telah menambah ketegangan antara Rusia dan Amerika Serikat ketika masing-masing berusaha untuk mempengaruhi di Timur Tengah.

Para komandan dari militer saingan telah lama menjauhi yang lain dengan berbicara melalui saluran telepon yang sering digunakan. Pada hari-hari menjelang serangan, dan di sisi berlawanan dari Sungai Efrat, Rusia dan Amerika Serikat mendukung serangan terpisah terhadap ISIS di Provinsi Deir al-Zour yang kaya minyak di Suriah, yang berbatasan dengan Irak.

Para pejabat militer Amerika berulang kali memperingatkan tentang massa pasukan yang terus bertambah. Namun para pejabat militer Rusia mengatakan mereka tidak memiliki kendali atas para pejuang yang berkumpul di dekat sungai – meskipun peralatan pemantauan pemantauan radio Amerika telah mengungkapkan kekuatan darat berbicara dalam bahasa Rusia.

Dokumen-dokumen menggambarkan para pejuang sebagai “kekuatan pro-rezim,” setia kepada Presiden Bashar al-Assad dari Suriah. Ini termasuk beberapa tentara pemerintah dan milisi Suriah, tetapi pejabat militer dan intelijen Amerika telah mengatakan mayoritas adalah tentara bayaran paramiliter Rusia – dan kemungkinan besar bagian dari Grup Wagner, perusahaan yang sering digunakan oleh Kremlin untuk melaksanakan tujuan yang tidak ingin dikaitkan dengan pemerintah Rusia.

“Komando tinggi Rusia di Suriah meyakinkan kami bahwa itu bukan rakyat mereka,” kata Menteri Pertahanan Jim Mattis kepada para senator dalam kesaksian bulan lalu. Jim Mattis mengatakan dia mengarahkan Jenderal Joseph F. Dunford Jr., Ketua Kepala Staf Gabungan, “agar pasukan itu, kemudian, dimusnahkan.”

“Dan itu dilakukan.”

Mengumpulkan Kekuatan

Hari dimulai dengan sedikit pertanda pertempuran yang akan terungkap. Sebuah tim yang terdiri dari sekitar 30 tentara Delta Force dan Rangers dari Komando Operasi Khusus Gabungan bekerja bersama pasukan Kurdi dan Arab di sebuah pos kecil berdebu di sebelah pabrik gas Conoco, dekat kota Deir al-Zour.

Kira-kira 20 mil jauhnya, di pangkalan yang dikenal sebagai situs dukungan misi, tim Baret Hijau dan peleton Marinir infanteri menatap layar komputer mereka, menonton umpan drone dan menyampaikan informasi ke orang Amerika di pabrik gas tentang pejuang yang berkumpul.

Jam 3 sore pasukan Suriah mulai bergerak ke arah pabrik Conoco. Menjelang sore, lebih dari 500 tentara dan 27 kendaraan – termasuk tank dan pengangkut personel lapis baja – telah berkumpul.

Di pusat operasi udara Amerika di Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar, dan di Pentagon, para perwira militer dan analis intelijen yang kebingungan, menyaksikan adegan yang berlangsung. Komandan membawahi pilot dan kru darat. Pesawat di seluruh wilayah diberi peringatan, kata para pejabat militer.

Kembali ke lokasi misi, Baret Hijau dan Marinir menyiapkan kekuatan reaksi kecil – kira-kira 16 tentara di empat kendaraan yang tahan ranjau – jika diperlukan di pabrik Conoco. Mereka memeriksa senjata mereka dan memastikan truk-truk itu penuh dengan Rudal anti-tank, optik termal dan makanan dan air.

Pukul 08:30, tiga tank T-72 buatan Rusia – kendaraan yang beratnya hampir 50 ton dan dipersenjatai dengan senapan 125 milimeter – bergerak dalam jarak satu mil dari pabrik Conoco. Menopang untuk serangan, Baret Hijau disiapkan untuk meluncurkan kekuatan reaksi.

Di pos terdepan, tentara Amerika menyaksikan kolom tank dan kendaraan lapis baja lainnya berputar dan berkendara ke arah mereka sekitar jam 10 malam, muncul dari lingkungan rumah tempat mereka mencoba berkumpul tanpa diketahui. Setengah jam kemudian, tentara bayaran Rusia dan pasukan Suriah menyerang.

Pos terdepan Conoco dipukul dengan campuran tembakan tank, artileri besar dan mortir, dokumen-dokumen itu menunjukkan. Udara dipenuhi debu dan pecahan peluru. Para komandan Amerika berlindung, lalu berlari di belakang gundukan tanah untuk menembakkan Rudal anti-tank dan senapan mesin di kolom kendaraan lapis baja yang maju.

Selama 15 menit pertama, para pejabat militer Amerika menelepon rekan-rekan mereka dari Rusia dan mendesak mereka untuk menghentikan serangan itu. Ketika itu gagal, pasukan Amerika melepaskan tembakan peringatan ke sekelompok kendaraan dan howitzer. Pasukan itu terus maju.

 

Dari cakrawala, rentetan artileri

Pesawat tempur Amerika tiba dalam gelombang, termasuk Jet Reaper, Jet tempur siluman F-22, F-15E Strike Fighters, pesawat pengebom B-52, pesawat tempur AC-130 dan Helikopter Apache AH-64. Selama 3 jam berikutnya, para pejabat Amerika mengatakan, sejumlah serangan menghantam pasukan musuh, tank, dan kendaraan lain. Artileri roket marinir ditembakkan dari tanah.

Tim reaksi melaju menuju pertarungan. Cuaca terlihat gelap, menurut dokumen-dokumen itu, dan jalan-jalan dipenuhi jaringan listrik dan cangkang-cangkang amunisi. Bergerak sejauh 20 mil itu menjadi semakin sulit karena truk tidak menyalakan lampu depan mereka, hanya mengandalkan kamera pencitraan panas untuk bernavigasi.

Ketika Baret Hijau dan Marinir mendekati pabrik Conoco sekitar jam 11:30, mereka dipaksa berhenti. Rentetan artileri terlalu berbahaya untuk dilalui sampai serangan udara membungkam howitzer dan tank musuh.

Di pabrik, pasukan komando ditembaki oleh artileri musuh dan amunisi yang terbakar. Kilatan cahaya (flashes) muncuk dari moncong tank, senjata antipesawat dan senapan mesin menyala di udara.

Pada jam 1 pagi, dengan tembakan artileri yang semakin menipis, tim Marinir dan Baret Hijau berhenti di pos Conoco dan mulai menembak. Saat itu, beberapa pesawat tempur Amerika telah kembali ke pangkalan, mulai kehabisan baik bahan bakar atau amunisi.

Pasukan Amerika Serikat di darat, sekarang kira-kira 40 orang, melindungi pertahanan mereka ketika tentara bayaran meninggalkan kendaraan mereka dan menuju pos terdepan dengan berjalan kaki.

Sejumlah Marinir membawa amunisi ke senapan mesin dan peluncur rudal Javelin yang tersebar di sepanjang tanggul dan terjepit di antara truk-truk. Beberapa Baret Hijau dan Marinir membidik dari palka yang terbuka. Yang lainnya tetap di truk mereka, menggunakan kombinasi layar panas dan joystick untuk mengontrol dan menembakkan senapan mesin berat yang ditempelkan di atap mereka.

Beberapa komando, termasuk pengendali tempur Angkatan Udara, bekerja menggunakan radio untuk mengarahkan armada pembom berikutnya terbang menuju medan perang. Setidaknya 1 marinir mengekspos dirinya ke arah tembakan yang datang, saat dia menggunakan komputer panduan misil untuk menemukan lokasi target dan meneruskannya ke komando yang memanggil serangan udara.

Satu jam kemudian, para pejuang musuh mulai mundur dan pasukan Amerika berhenti menembak. Dari pos terdepan mereka, pasukan komando mengawasi tentara bayaran dan pejuang Suriah kembali untuk mengumpulkan mayat mereka. Tim kecil pasukan Amerika tidak dirugikan. Satu pejuang Suriah bersekutu terluka.

Siapa yang memimpin serangan naas itu?

Jumlah korban dari pertempuran 7 Februari 2018 sedang dalam perdebatan. Awalnya, para pejabat Rusia mengatakan hanya 4 warga Rusia – tetapi mungkin lusinan lainnya – tewas; seorang perwira Suriah mengatakan sekitar 100 tentara Suriah telah meninggal. Dokumen-dokumen yang diperoleh The Times memperkirakan 200 hingga 300 “pasukan pro-rezim” terbunuh.

Hasil dari pertempuran, dan banyak mekanismenya, menunjukkan bahwa tentara bayaran Rusia dan sekutu Suriah mereka, berada di bagian yang salah di dunia untuk mencoba-coba serangan ke posisi militer Amerika.

Sejak invasi Irak 2003, Komando Sentral Amerika Serikat telah memperbaiki jumlah peralatan, logistik, koordinasi dan taktik yang diperlukan untuk mencampur senjata yang ditembakkan dari udara dan darat. Pertanyaan tetap tentang siapa sebenarnya tentara bayaran Rusia, dan mengapa mereka menyerang.

Pejabat intelijen Amerika mengatakan bahwa Wagner Group, yang dikenal dengan julukan pensiunan pejabat Rusia yang memimpinnya, berada di Suriah untuk merebut ladang minyak dan gas dan melindungi mereka atas nama pemerintah Assad. Para tentara bayaran mendapatkan bagian dari hasil produksi dari ladang minyak yang mereka dapatkan kembali, kata para pejabat.

Tentara bayaran dengan longgar berkoordinasi dengan militer Rusia di Suriah, meskipun para pemimpin Wagner dilaporkan telah menerima penghargaan di Kremlin, dan tentara bayarannya dilatih di markas Kementerian Pertahanan Rusia.

Pasukan pemerintah Rusia di Suriah mempertahankan mereka tidak terlibat dalam pertempuran. Namun dalam beberapa pekan terakhir, menurut pejabat militer Amerika Serikat, mereka telah men-jamming komunikasi drone Amerika yang lebih kecil dan gunships seperti jenis yang digunakan dalam serangan itu.

“Saat ini di Suriah, kita berada di lingkungan electronic warfare paling agresif di planet ini dari musuh kita,” kata Jenderal Tony Thomas, kepala Komando Operasi Khusus Amerika Serikat, baru-baru ini, mengacu pada peperangan elektronik. “Mereka menguji kami setiap hari.”

Reportase kontribusi oleh Eric Schmitt dari Washington; Ivan Nechepurenko dari St. Petersburg, Rusia; dan C.J. Chivers. Kitty Bennett berkontribusi dalam penelitian. (Nytimes.com)

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *