Stoltenberg: NATO Tidak Akan Bantu Israel Jika Diserang Iran

0
340

Militer.or.id – Stoltenberg: NATO Tidak Akan Bantu Israel Jika Diserang Iran.

doc. Jens Stoltenberg visit the allied forces stationed in Tapa. (photo: Arno Mikkor via commons.wikimedia.org)

Berlin – Militer.or.id – Karena Israel adalah mitra, dan bukan anggota blok militer, NATO tidak siap memberikan jaminan keamanan apa pun kepada Israel di tengah ketegangan di Timur Tengah.

NATO tidak akan membela Israel, jika terjadi serangan oleh Iran, ujar Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg kepada majalah Jerman, Spiegel.

HARUS BACA :  Foto – Video Kapal Patroli Cepat KRI Kuaru-856

Pejabat itu menjelaskan bahwa karena Israel bukan anggota NATO, “jaminan keamanan” blok militer tidak berlaku untuk Israel, dirilis Sputniknews.com, 3/6/2018.

Stoltenberg juga mencatat bahwa NATO tidak terlibat dalam penyelesaian situasi di Timur Tengah dan menambahkan bahwa anggota NATO memiliki posisi yang berbeda pada kesepakatan nuklir Iran.

Ketegangan antara Israel dan Iran telah meninggi baru-baru ini, dengan episode terbaru adalah Israel diduga melakukan serangan di pinggiran Damaskus yang menargetkan depot, yang menurut Tel Aviv milik Pengawal Revolusi Iran.

HARUS BACA :  Pasukan Garuda Misi PBB di Lebanon Gelar Kesiapan Perlengkapan

Israel menyatakan keprihatinan atas dugaan upaya Iran untuk membentuk kehadiran militer permanen di Suriah dan dengan demikian memperluas pengaruh di seluruh wilayah.

Namun, Teheran membantah klaim itu, mencatat bahwa negara itu hanya mengirim penasihat militer untuk melatih pasukan yang setia kepada Damaskus sejak Iran mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perjuangannya melawan kelompok-kelompok teroris di negara itu. Namun demikian, Israel terus melihat aktivitas Iran sebagai ancaman terhadap keamanan nasionalnya.

HARUS BACA :  Malaysia Luncurkan Prototipe Kendaraan Logistik Militer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here