Taiwan Mulai Perakitan Jet Pelatih Canggih Baru

Militer.or.id – Taiwan Mulai Perakitan Jet Pelatih Canggih Baru.

Jet pelatih canggih terbaru buatan Taiwan © Youtube

Militer.or.id – Pada tanggal 1 Juni 2018, perakitan Jet Pelatih Canggih atau AJT (Advanced Jet Trainer) baru Taiwan secara resmi dimulai, dengan upacara peluncuran di Aerospace Industrial Development Corp (AIDC) di Taichung, Taipei seperti dilansir dari laman situs Focus Taiwan.

AIDC, yang dikenal karena mengembangkan pejuang asli Ching-kuo di negara itu, telah ditugaskan oleh Kementerian Pertahanan Taiwan untuk merancang dan memproduksi 66 jet pelatih canggih, dengan prototipe pertama dijadwalkan akan diluncurkan tahun 2019 dan pengujian penerbangan diperkirakan akan dilakukan mulai Juni 2020.

HARUS BACA :  PM Irak Minta Kurdi Batalkan Hasil Referendum Kemerdekaan

Jet pelatih tingkat lanjut tersebut dijadwalkan akan dikirimkan tahun 2026 dan akan menggantikan pesawat pelatih militer AT-3 dan jet tempur F-5, yang berusia diatas 30 tahun.

Berbicara dalam upacara tersebut, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan bahwa jet pelatih terbaru ini mampu mencerminkan tujuan Taiwan untuk mengembangkan sistem pertahanan pribumi sendiri dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan tempur dan pertahanan angkatan bersenjata serta keamanan nasional.

HARUS BACA :  Mengukur Kemampuan Rudal K-SAAM Korea Selatan – Militer.or.id
HARUS BACA :  Mengukur Kemampuan Rudal K-SAAM Korea Selatan – Militer.or.id

Industri dirgantara adalah bagian dari “Program Inovasi Industri 5 plus 2” pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing Taiwan, kata Tsai.

Industri “5 tambah 2” mengacu pada tujuh proyek pembangunan yang diusulkan oleh pemerintah untuk mengubah struktur ekonomi dan industri Taiwan. Termasuk proyek yang berkaitan dengan bioteknologi, energi hijau, penerbangan, mesin pintar dan juga industri pertahanan.

HARUS BACA :  BriteCloud Kini Hadir Untuk Pesawat Angkut Militer

Proyek ini saja telah menciptakan lebih 1.000 pekerjaan baru di industri penerbangan, lanjutnya, dan menambahkan bahwa peluang pekerjaan lain pasti akan muncul ketika Taiwan terus mengembangkan industri pertahanannya.

Taiwan harus bergerak menuju jalur kemandirian untuk mengembangkan kemampuan pertahanan nasionalnya, bahkan jika itu adalah satu langkah pada satu waktu, kata Tsai.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.5k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  PM Irak Minta Kurdi Batalkan Hasil Referendum Kemerdekaan

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  BriteCloud Kini Hadir Untuk Pesawat Angkut Militer