Prancis, Inggris Segera Kirim Kapal Tantang Klaim Beijing di Laut Cina Selatan

Prancis, Inggris Segera Kirim Kapal Tantang Klaim Beijing di Laut Cina Selatan

Militer.or.id – Prancis, Inggris Segera Kirim Kapal Tantang Klaim Beijing di Laut Cina Selatan.

dok. Kapal perang Inggris HMS Argyll (foreground) dan FS Mistral Prancis. (UK Ministry of Defence)

Militer.or.id – Angkatan laut Prancis dan Inggris berencana untuk mengikuti jejak Angkatan Laut AS dengan misi pencarian jalan mereka sendiri melalui Laut Cina Selatan yang disengketakan, khususnya, ke wilayah yang menurut London dan Paris secara ilegal telah diklaim oleh Beijing.

Sebuah gugus tugas yang berlayar di laut yang terdiri dari kapal-kapal Prancis dan Inggris serta pesawat angkatan laut akan melakukan perjalanan melalui Laut Cina Selatan pekan depan, kata Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parley, Minggu, dirilis Sputniknews.com, 4/6/2018. Pasukan akan pergi “ke daerah-daerah tertentu” di mana angkatan laut yang paling cepat berkembang di dunia diperkirakan akan hadir (tampaknya diarahkan ke China -red).

“Pada suatu titik suara yang keras masuk ke transponder dan memberitahu kita untuk berlayar jauh dari ‘perairan teritorial’. Namun komandan kami kemudian dengan tenang menjawab dia akan berlayar, karena ini, di bawah hukum internasional, memang perairan internasional, “kata Parley, Minggu.

Laut Cina Selatan terkenal dengan kargo komersial bernilai triliunan dolar yang melewati perairan setiap tahun dan kemungkinannya mengandung ladang minyak dan gas yang belum tersentuh. Banyak negara di kawasan itu memiliki klaim tumpang tindih dengan pulau-pulau kecil dan bagian-bagian perairan, termasuk Cina, Taiwan, Brunei, Vietnam, Indonesia, dan Filipina.

Perancis tidak memiliki klaim teritorial yang saling bertentangan di perairan, kata Parley, tetapi bermaksud untuk berkontribusi pada sebuah perintah “berbasis aturan” di Laut Cina Selatan “secara teratur dengan sekutu dan teman-teman,” katanya, South China Morning Post melaporkan Senin.

“Dengan menggunakan kebebasan navigasi kami, kami juga menempatkan diri kami di posisi sebagai penentang yang gigih terhadap penciptaan klaim apa pun untuk secara de facto kedaulatan di pulau-pulau itu,” kata menteri angkatan bersenjata dan menambahkan bahwa ia yakin Angkatan Laut Prancis “harus memperluas upaya ini lebih jauh. ”

Pengumuman Parley selaras dengan pernyataan baru-baru ini dari Menteri Pertahanan AS James Mattis, yang mengeluarkan teguran keras dari kegiatan konstruksi militer Cina di Laut Cina Selatan pekan lalu. “Meskipun klaim China sebaliknya,” katanya, “penempatan sistem senjata ini [di pulau-pulau di Laut Cina Selatan] terkait dengan penggunaan militer untuk tujuan intimidasi dan paksaan.”

He Lei, wakil presiden Akademi Ilmu Militer Tentara Pembebasan Rakyat, tidak setuju dengan penilaian Mattis. Membangun dan menyebarkan “fasilitas pertahanan” tidak ada hubungannya dengan militerisasi dan tidak menimbulkan ancaman bagi keamanan regional, “katanya, Xinhua melaporkan Sabtu.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *