Kapal Perang Angkatan Laut India Akhiri Misi di Sabang

Militer.or.id – Kapal Perang Angkatan Laut India Akhiri Misi di Sabang.

dok. Kapal INS Sumitra (P59) Angkatan Laut India. (photo: Indian Navy)

Sabang, Militer.or.id – Kapal Perang Angkatan Laut India INS Sumitra yang telah 2 hari sandar di Pulau Weh akhirnya bertolak meninggalkan Indonesia menuju ke pangkalannya di Port Air India, dirilis situs TNI AL, Kamis, 12/7/2018. Kapal perang India selesai melaksanakan kunjungan ke Indonesia ini dalam rangka kerjasama yang erat antara AL India dengan TNI AL.

Pelepasan INS Sumitra dihadiri oleh Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, yang didampingi Palaksa Letkol Laut (PM) Ahmad Asahari serta Prajurit Lanal Sabang.

Kunjungan kapal perang merupakan salah satu perwujudan peran universal angkatan laut sedunia dalam melaksanakan naval diplomacy. Kunjungan INS Sumitra semakin menambah erat hubungan Indonesia dan India. Hal ini nampak jelas terlihat dari berbagai interaksi antara ABK INS Sumitra dengan personel TNI AL maupun masyarakat Sabang selama berada di Sabang.

HARUS BACA :  Pindad Masuki Industri Tank dan Panser, Meriam Kaliber Besar
HARUS BACA :  Meski Sudah Kuat, Rusia Bangun Klaster Angkatan Laut Baru

Pelepasan INS Sumitra dihadiri oleh Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E. yang didampingi Palaksa Letkol Laut (PM) Ahmad Asahari S.H, MH serta Prajurit Lanal Sabang.

INS Sumitra adalah kapal patroli kelas Saryu keempat dan terakhir dari Angkatan Laut India, yang dirancang dan dibangun oleh Goa Shipyard Limited. Kapal ini dirancang untuk melakukan operasi dukungan armada, patroli pantai dan lepas pantai, pengawasan laut dan pemantauan jalur komunikasi laut dan aset lepas pantai dan tugas pengawalan.

HARUS BACA :  Korps Baret Merah Syukuran HUT ke-66

INS Sumitra aktif bersama Angkatan Laut India, 4 September 2014. Kapal ini memiliki bobot 2,200 ton, panjang 105 meter dan lebar 13 meter.

Adapun persenjataan yang diusung: 76-mm SRGM (Super Rapid Gun Mount), CIWS, dan mampu membawa helikopter 1 × HAL Dhruv atau 1 × HAL Chetak.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Saingi Flanker, F-15 Eagle Dilengkapi dengan IRST