Jet Tempur J-16 China Siap Hadapi Taiwan

Militer.or.id – Jet Tempur J-16 China Siap Hadapi Taiwan.

Pilot Angkatan Udara China dalam kokpit jet tempur J-16 © SCMP

Militer.or.id – Angkatan Udara China telah mengumumkan bahwa armada jet tempur Shenyang J-16, yang dikembangkan untuk “menargetkan Taiwan”, akan segera siap tempur, seperti dilansir dari laman South China Morning Post.

Angkatan Udara PLA mengatakan bahwa skuadron J-16 yang digambarkan sebagai jet tempur generasi 4,5 telah melakukan latihan tempur bersama dengan pesawat J-10, J-11B dan juga Su-30.

HARUS BACA :  Suriah Akui Cegat Rudal yang Ditembakkan ke Wilayah Utara

Shenyang J-16, jet tempur yang dibangun oleh China berdasarkan Sukhoi Su-30 Rusia, dan diperkenalkan sekitar tahun 2012 serta membuat debut resminya tahun lalu, pada parade ulang tahun militer ke-90 Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Mengutip seorang analis militer yang berbasis di Hong Kong, Song Zhongping, SCMP mengatakan bahwa jet tempur J-16 tidak dianggap siap tempur. Menurutnya, ini akan membutuhkan waktu untuk meningkatkan bukan hanya J-16 itu sendiri, tetapi juga bagaimana ia terintegrasi ke dalam keseluruhan sistem dan bagaimana ia akan bekerja dengan jet tempur lain serta mendukung pesawat dalam sebuah misi.

HARUS BACA :  Rusia Akan Kirimkan 6 Yak-130 Tambahan untuk Myanmar

PLA mengklaim bahwa J-16 memiliki kemampuan besar untuk peperangan elektronik dengan antena array bertahap, radar kendali tembak dan sistem jamming. Jet tempur akan dilengkapi kanon 30 mm, 12 rudal udara-ke-udara, roket dan bom berpemandu satelit, termasuk rudal anti-kapal dan rudal anti-radiasi.

Menurut Kementerian Pertahanan China, Shenyang J-16 belum terlibat dalam misi di mana Angkatan Udara PLA secara teratur mengirimkan pesawat tempur, khususnya pembom strategis H-6K untuk berpatroli di sekitar Selat Taiwan untuk menunjukkan kemampuannya dalam membela kedaulatan nasional dan integritas teritorial China.

HARUS BACA :  Angkatan Laut Korea Selatan Luncurkan LPH Kedua

SCMP mencatat bahwa pengamat militer mempercayai bahwa J-16 telah secara khusus dirancang untuk kampanye militer melawan Taiwan. Dan Taiwan terus meningkatkan pertahanannya untuk menangkis serangan udara dan laut.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here