Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Tak Semua Senjata Rusia “Moncer” di Suriah

Militer.or.id – Tak Semua Senjata Rusia “Moncer” di Suriah.

Persenjataan buatan Rusia © Bao Dat Viet

Militer.or.id – Selama kampanya di Suriah, lebih dari 700 senjata baru dan bersamaan dengan peralatan upgrade telah diuji, menurut sumber dari Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Tidak semua uji coba tersebut berhasil. Menurut sumber itu bahwa, pada kenyataannya, dalam proses pengujian bahkan sejumlah senjata dan peralatan mengalami masalah.

Namun berkat keterlibatan aktif para produsen dan perancang dalam pengujian, dalam beberapa kasus para ahli langsung merombak mereka dan akhirnya senjata dan peralatan itu pun berhasil, dan akan diproduksi massal. Ada juga kegagalan tetapi tingkatnya masih rendah.

Rusia mungkin telah bereksperimen dengan sejumlah senjata secara rahasia, akan tetapi mereka belum mengumumkannya.

Berdasarkan data yang dipublikasikan, bahwa dalam kampanye di Suriah, sebagian besar sistem rudal anti-pesawat dan sistem rudal pertahan tersebut sebelumnya juga telah di tes di Rusia. Mereka juga selanjutnya menguji jet tempur generasi 4++ Su-35 dan kemudian mendatangkan jet tempur generasi kelima Su-57 ke Suriah.

Kedua senjata strategis terbaru buatan Rusia ini masih belum benar-benar banyak ditunjukkan atau mungkin telah mereka buktikan sendiri tetapi tidak untuk diungkapkan.

Su-35S Rusia, menunjukkan kemampuan manuver yang hebat di udara dan bahkan memiliki kesempatan untuk menang menghadapi pesawat-pesawat Barat dan terutama atas jet tempur generasi kelima AS, yakni F-35 dan F-22.

Mereka dinilai lebih unggul dari para pejuang buatan Barat dan dapat menghadapi jet tempur generasi baru buatan AS.

Pengujian terbesar berikutnya adalah penggunaan rudal jelajah Kaliber untuk menghancurkan teroris. Rudal Kalibr tersebut telah mempersenjatai kapal selam dan kapal permukaan yang di kerahkan di lepas pantai. Mereka telah diluncurkan dari jarak yang berbeda dan terbang dengan lintasan yang sulit ditebak sebelum menghancurkan sasarannya dengan sukses.

Rudal jelajah Kalibr Rusia dapat digunakan untuk menghancurkan target musuh baik di darat maupun di laut, bahkan memiliki versi yang mampu menghancurkan kapal selam. Rudal jelajah ini memiliki kecepatan sekitar 2,9 Mach atau setara dengan 3.552 km per jam. Pada tingkat ini, kemungkinan untuk mencegatnya sangat rendah, bahkan tidak mungkin.

Selain kecepatannya yang tinggi, orbitnya kompleks dan tidak dapat diprediksi, bahkan Kalibr terbang pada ketinggian yang sangat rendah di sepanjang permukaan dan berpotensi untuk bisa menghancurkan target dikejauhan hingga 2.500 km. Dengan hadirnya misil jelajah Kalibr maka membuat rudal jelajah Tomahawk buatan Amerika Serikat menjadi usang.

Faktanya, ada banyak senjata dan peralatan militer baru serta modernisasi lain telah diuji dalam pertempuran di Suriah dan hasilnya sangat efektif. Meski diluar keberhasilan uji coba tersebut, beberapa tes gagal. Selama perang di Suriah, para ahli Rusia menemukan bahwa perangkat lunak untuk keamanan Su-34 memiliki masalah. Selain itu, kelemahan dalam hal penggunaan sistem komunikasi baru dan pengawasan radio-elektronika juga ditemukan.

Termasuk sistem kombinasi untuk pesawat dan helikopter yang digunakan untuk melindungi mereka dari serangan oleh sistem pertahanan udara musuh tidak benar-benar berhasil. Seperti misalnya, sistem peperangan elektronika “Vitebsk” yang melengkapi helikopter Ka-52 Alligator saat ini kabarnya akan segera diganti dengan versi yang lebih modern.

Beberapa kendaraan pengintai seperti IL-20 dan A-50U, yang sudah ketinggalan jaman saat ini akan perlu dimodernisasi dengan cepat. Selain itu, melalui kampanye militer ini mereka juga akhirnya menemukan sejumlah kelemahan dengan satu-satunya kapal induk mereka, Admiral Kuznetsov, dan mulai melakukan perbaikan untuk modernisasi.

Jelas bahwa perang di Suriah telah menciptakan kondisi yang sangat menguntungkan bagi para spesialis dan industri pertahanan Rusia untuk menyempurnakan dan meningkatkan kemampuan persenjataan dan peralatan militer mereka.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *