Pentagon Klaim ‘Mitra Lebih Baik’ untuk Filipina Dibanding Rusia

Pentagon Klaim ‘Mitra Lebih Baik’ untuk Filipina Dibanding Rusia

Militer.or.id – Pentagon Klaim ‘Mitra Lebih Baik’ untuk Filipina Dibanding Rusia.

ilustrasi: Kapal selam Kilo buatan Rusia. ( U.S. military via commons.wikipedia.org)

Moscow, Militer.or.id – Randall Schriver, Asisten Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) untuk urusan keamanan Asia dan Pasifik, memperingatkan pada hari Kamis, 16-8-2018, bahwa pembelian peralatan militer Rusia oleh Filipina mungkin akan berdampak buruk terhadap kerja sama negara itu dengan Amerika Serikat, dan mengklaim bahwa Washington adalah mitra yang lebih baik untuk Manila daripada Moskow, dirilis Sputniknews.com.

Pejabat AS itu menyampaikan laporan tentang rencana Manila untuk membeli alat berat Rusia, khususnya, kapal selam. “Jika mereka melanjutkan dengan pembelian peralatan utama Rusia, saya tidak berpikir itu adalah hal yang membantu untuk dilakukan dalam persekutuan kami dan saya pikir pada akhirnya kami bisa menjadi mitra yang lebih baik daripada Rusia,” kata Schriver, seperti dikutip oleh portal berita Rappler.

Sebelumnya pada bulan Agustus 2018, media melaporkan bahwa Rusia telah menawarkan bantuan kepada pemerintah Filipina dalam pembelian kapal selam. Kesepakatan itu, khususnya, menyediakan alokasi pinjaman bersubsidi ke Manila, yang akan dibayar kembali selama beberapa tahun. Pihak berwenang Filipina sedang mempertimbangkan proposal tersebut.

Pada pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada 2 Agustus 2018, Menteri Luar Negeri Filipina Alan Peter Cayetano mengatakan bahwa Manila tidak akan menolak pembelian peralatan Rusia, meskipun harus menghadapi sanksi dari AS.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *