Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

KRI Banjarmasin Kapal Kemanusiaan Gempa Lombok

Militer.or.id – KRI Banjarmasin Kapal Kemanusiaan Gempa Lombok.

KRI Banjarmasin 592

Jakarta, Militer.or.id – Kapal perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Banjarmasin 592 didaulat sebagai Kapal Kemanusiaan Lombok. Kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) ini dilepas Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. mewakili Kasal dalam rangka mendukung bantuan kemanusiaan pasca gempa Lombok, Jumat, 17-8-2018 dari dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

Kapal perang yang dikomandani Letkol Laut (P) Stanley Lekahena ini mengangkut kurang lebih 1200 ton bahan pokok yang terdiri dari berbagai bahan campuran, seperti sembako, selimut, pakaian layak pakai, mie instan, makanan kaleng siap saji, obat-obatan, tenda lapangan serta material lainnya.

Kapal kemanusiaan ini akan tiba pada Denin 20-8-2018  di Pelabuhan Carik, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Pengiriman bantuan melalui program “Kapal Kemanusiaan Lombok” ini bertujuan meringankan penderitaan korban pasca gempa dalam kondisi darurat. Dengan tagline “Bersatu Bantu Lombok” diharapkan seluruh masyarakat Indonesia memberikan dukungan penuh.

Program ini juga merupakan kerjasama antara Staf Potensi Maritim (Spotmar) TNI AL bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), PT Pos Indonesia, Peduli Kasih Indosiar dan Pundi Amal SCTV.

KRI Banjarmasin 592

Dalam mendukung program ini pula, TNI AL juga menyiapkan satuan tugas serta sarana dan prasarana penunjang lainnya seperti, 40 truk angkut dari berbagai satuan TNI AL yang akan digunakan untuk pendistribusian bantuan ke lokasi-lokasi bencana di Lombok, unit pengawalan TNI AL, pelibatan personel pengamanan untuk menjaga keamanan bahan bantuan hingga pelibatan tim kesehatan TNI AL.

Dan juga mengerahkan pasukan marinir sebanyak 200 personel yang tergabung dalam Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) marinir TNI AL.

KRI Banjarmasin merupakan salah satu dari 13 kapal perang milik Kolinlamil yang berfungsi sebagai pengangkut kapal pendarat pasukan, operasi amfibi, pengangkut tank, pengangkut personel, juga untuk operasi kemanusiaan dan penanggulangan bencana serta pengangkut helikopter.

KRI Banjarmasin-592 sendiri merupakan kapal LPD standar yang memiliki panjang 125 meter, lebar 22 meter, berat 7.300 ton. Kapal perang yang dapat melaju maksimal hingga 15,4 knot ini mampu mengangkut 344 personel, 13 unit tank, 2 unit Landing Craft Vehicles, 3 unit helikopter. Kapal ini juga dipersenjatai dengan meriam kaliber 57 mm dan kaliber 40 mm. (Dispen Kolinlamil).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *