Rusia Sedang Kembangkan Pesawat VTOL

Rusia Sedang Kembangkan Pesawat VTOL

Militer.or.id – Rusia Sedang Kembangkan Pesawat VTOL.

Proyek jet tempur Yak-141 dibatalkan tahun 1991 © Mike1979 Russia via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Rusia saat ini sedang mengembangkan prototipe pesawat lepas landas vertikal baru atas instruksi dari Presiden Vladimir Putin, sebut Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov yang dilansir dari TASS pada hari Selasa.

“Pekerjaan ini memang telah dimasukkan ke dalam program persenjataan negara dan dilakukan atas perintah panglima tertinggi. Sekarang pekerjaan ini sedang dilakukan untuk mengembangkan model dan prototipe konseptual”, terang Borisov.

Pekerjaan difokuskan pada pengembangan pesawat yang benar-benar baru daripada menciptakan pesawat berdasarkan sejumlah model yang telah ada, menurut Borisov menekankan.

Joint Strike Fighter (JSF) F-35B bersiap mendarat secara vertikal © US Navy via Wikimedia Commons

“Tidak diragukan lagi, ini adalah masa depan untuk semua kapal induk dan armada pesawat baru akan dibutuhkan, dan tepat untuk tujuan ini, berbagai teknologi telah digunakan untuk menyediakan pesawat dengan kemampuan lepas landas dilandasan pendek atau berkemampuan lepas landas dan mendarat vertikal”, kata wakil perdana menteri itu.

“Secara konseptual, pekerjaan semacam itu juga telah dilakukan oleh Kementerian Pertahanan Rusia sejak tahun lalu”, lanjut Borisov. “Jangka waktu didefinisikan oleh siklus teknologi dari penciptaan. Biasanya, proses ini memakan waktu 7 – 10 tahun, untuk masuk ke dalam produksi massal”, tambahnya.

Akhir tahun lalu, Borisov yang memegang jabatan sebagai wakil menteri pertahanan waktu itu mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan Rusia sedang mendiskusikan dengan produsen pesawat untuk mengembangkan pesawat lepas landas dan mendarat vertikal yang menjanjikan untuk kapal induk yang akan datang.

Biro Desain Yakovlev pernah mengembangkan pesawat sejenis, yaitu pesawat tempur supersonik Yak-141 pada pertengahan 1970-an. Pesawat itu melakukan penerbangan perdana pada 1987. Pesawat Yak-141 diperkirakan bergabung dengan grup udara kapal induk Novorossiysk, Baku yang kemudian berganti nama menjadi Admiral Gorshkov, Tbilisi berganti namanya menjadi Laksamana Kuznetsov dan Ulyanovsk.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *