Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Sail Moyo Tambora 2018 Resmi Dibuka

Militer.or.id – Sail Moyo Tambora 2018 Resmi Dibuka.

Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menghadiri pembukaan Sail Moyo Tambora 2018.

Sumbawa, Militer.or.id – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II, Ny. Retno Didik Setiyono, menghadiri pembukaan Sail Moyo Tambora 2018, pada Minggu 9-9-2018 bertempat di Dermaga Pelabuhan Badas, Sumbawa, NTB.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman RI, Bapak Luhut Binsar Panjaitan yang mewakili Presiden RI Ir. Joko Widodo secara resmi membuka acara Sail di Sumbawa ini. Acara pembukaan Sail Moyo Tambora ditandai dengan tiupan Serunai, alat musik tradisional khas Sumba yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir dalam acara pembukaan tersebut.

Upacara pembukaan diwarnai dengan pertunjukan tarian massal dari Sumbawa dan Bima, parade 1.000 perahu tradisional dan diakhiri dengan tarian kolosal yang berjudul Tanjung Menangis. Pada event akbar TNI AL ini, dihadiri juga oleh para yachter dari Internasional Yacht Rally dari berbagai negara yang melewati perairan Indonesia transit di Badas sebelum menuju ke Thailand.

Rangkaian Sail Moyo Tambora 2018 sendiri telah berlangsung sejak 25 Agustus dan akan berakhir pada 23 September 2018 nanti. Dalam menyukseskan acara tersebut, TNI AL telah berperan sangat penting dengan mengerahkan dua unsur KRI, yaitu KRI dr. Soeharso – 990 yang tengah melaksanakan operasi kemanusiaan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) – 67/2018, serta KRI Teluk Bintuni – 520 yang digunakan pada kegiatan Pelayaran Nusantara.

Di acara pembukaan ini pula, prajurit TNI AL berpartisipasi melalui aksi terjun payung melibatkan 18 peterjun dari personel satuan elit Detasemen Jalamangkara. (Dispen Koarmada II).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *