Kunjungan Kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Vietnam

Kunjungan Kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Vietnam

Militer.or.id – Kunjungan Kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Vietnam.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana tiba di Hanoi, Vietnam. (photo: Sekretariat Kabinet)

Jakarta, Militer.or.id – Perantauan alias diaspora Indonesia yang tinggal di Vietnam menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo yang tiba di Hanoi untuk suatu agenda kenegaraan di sana.

Udara cerah menyambut kedatangan pesawat terbang kepresidenan, Indonesia-1, yang membawa Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, saat tiba di Bandar Udara Internasional Noi Bai, Hanoi, Vietnam, pukul 14.54 waktu setempat Selasa (11/9/2018), setelah menempuh penerbangan tanpa henti selama hampir empat jam dari Korea Selatan, dirilis Antara.

Saat tiba, sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Jokowi dan Ibu Iriana disambut Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi, dan Kepala Protokol Negara Vietnam, Mai Phuoc Dung.

Selanjutnya, jajar kehormatan dan beberapa pejabat tinggi Vietnam, antara lain Kepala Kantor Presiden Vietnam, Dao Viet Trung, Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, Pham Vinh Quang, dan wakil menteri luar negeri Vietnam, yang turut menyambut di bawah tangga pesawat terbang kepresidenan Indonesia itu.

Setibanya di hotel tempat menginap selama berada di Hanoi, sejumlah masyarakat Indonesia yang berada di Vietnam menyambut kehadiran Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Dengan mengenakan kaos merah bergambar peta Indonesia dan tulisan “Selamat Datang di Hanoi (dalam bahasa Vietnam) Bapak Presiden Joko Widodo”, para perantauan Indonesia itu antusias menyambut kehadiran Jokowi dan Ibu Iriana.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana disambut masyarakat Indonesia di Hanoi, Vietnam. (photo: Sekretariat Kabinet)

Sore harinya, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana langsung menuju Istana Kepresidenan Vietnam untuk melaksanakan serangkaian upacara kenegaraan. Acara penyambutan kenegaraan untuk Jokowi dan Ibu Iriana diakhiri dengan Jamuan Santap Malam Kenegaraan oleh Presiden Vietnam, Tran Dai Quang, pada malam harinya.

Selain melaksanakan kunjungan kenegaraan, Presiden Jokowi juga dijadwalkan hadir dalam World Economic Forum on ASEAN yang diselenggarakan di National Convention Center, Hanoi, Rabu nanti (12/9/2018). Selain itu juga dilaksanakan beberapa pertemuan bilateral, yakni dengan Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, dan Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, juga telah diagendakan.

Dalam kunjungan ini, Jokowi dan Ibu Negara Iriana didampingi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Lembong, yang turut dalam pesawat dalam penerbangan dari Seoul, Korea Selatan.

Sedangkan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan, dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, sudah terlebih dahulu berada di Hanoi.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *