Militer.or.id – Kapal Perusak Jepang Sukses Luncurkan SM-3® Blok IB.

Ilustrasi kapal perusak JDS Atago (DDG-177) uji coba luncurkan rudal SM-3 © USN via Wikimedia Commons modified by Militer.or.id.com

Militer.or.id.com – Pasukan Bela Diri Maritim Jepang dan Badan Pertahanan Rudal (MDA) Amerika Serikat telah berhasil menyelesaikan uji penerbangan intersep SM-3® Blok IB bekerjasama dengan Angkatan Laut AS di lepas pantai Kauai di Hawaii, seperti dilansir dari mediaroom Raytheon tanggal 12 September 2018.

Rudal SM-3® Block IB buatan Raytheon Company tersebut berhasil mencegat target yang disimulasikan sebagai rudal balistik, menandai pertama kalinya Jepang menguji interseptor canggih sebagaimana diumumkan oleh MDA.

Rudal sasaran diluncurkan dari Fasilitas Rudal Pasifik yang ada di Hawaii dan pencegat diluncurkan dari kapal perusak JDS Atago (DDG-177), guna memverifikasi kemampuan pertahanan rudal balistik terbaru dari perusak yang telah dimodernisasi.

Misi uji terbang ini adalah tonggak penting dalam kerjasama pertahanan rudal antara Jepang dan AS Jepang yang saat ini mengadopsi pencegat SM-3® Blok IA, tetapi varian SM-3® Blok IB meningkatkan pencari dwi-warna (two-color) dan pengalihan throttling serta sistem kontrol yang memungkinkan keterlibatan dengan serangkaian ancaman yang lebih besar.

“Keluarga dari Standard Missile-3 (SM-3®) secara konsisten menunjukkan kemampuan melawan ancaman canggih, baik di darat maupun di laut”, kata Dr. Taylor W. Lawrence, Presiden Raytheon Missile Systems. “Pengujian ini menggarisbawahi pentingnya interoperabilitas pertahanan rudal balistik milik sekutu dan hasil terkuat yang kami berikan ketika kami bekerjasama dengan sekutu kami”.

SM-3® tersebut diproduksi di pabrik Space Factory milik Raytheon yang ada di Tucson, Arizona dan fasilitas integrasi perusahaan yang terletak di Huntsville, Alabama, AS.

Jangan lupa isi form komentar di bawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here