Militer.or.id – Korea Selatan Luncurkan Kapal Selam Peluru Kendali.

Kapal selam Dosan Ahn Chang-ho. (DSME)

Militer.or.id  –  Korea Selatan meluncurkan kapal selam berkemampuan serangan Rudal yang pertama kalinya pada hari Jumat, 14-9-2018 meskipun hubungan diplomatik dengan Utara yang bersenjata nuklir, baru-baru ini mulai membaik.

Kapal selam Dosan Ahn Chang-ho dengan bobot 3.000 ton, senilai US $ 700 juta, mampu menembakkan Rudal jelajah dan balistik serta yang pertama dari 3 kapal diesel-listrik yang direncanakan untuk digunakan dalam 5 tahun ke depan, dirilis scmp.com.

Kapal selam ini memiliki panjang 83,3 meter dan lebar 9,6 meter dan mampu membawa sekitar 50 kru.

Ini mewakili “lompatan ke depan” dalam industri pertahanan negara, Presiden Moon Jae-in mengatakan pada upacara peluncuran di galangan kapal Daewoo di mana ia dirancang dan dibangun.

Presiden Moon Jae-in akan menuju ke Pyongyang pekan depan untuk pertemuan puncak ketiga dengan pemimpin Korut Kim Jong-un, karena upaya  AS untuk membujuk Pyongyang agar menghentikan senjata nuklirnya.

“Kami telah memulai perjalanan besar menuju denuklirisasi di semenanjung Korea,” kata Moon. “Tetapi perdamaian tidak diberikan dengan sembrono. Perdamaian melalui kekuasaan adalah strategi keamanan yang tak tergoyahkan dari pemerintah ini. ”

Kapal selam baru dilengkapi dengan enam tabung peluncur rudal vertikal, fitur sonar dan sistem manajemen tempur buatan dalam negeri.

Selain kapal-kapal baru, Korea Selatan memiliki armada yang ada dari 18 kapal selam yang lebih kecil, semuanya dibangun dengan kerja sama dari Jerman.

Berdasarkan data Kementerian Pertahanan Korsel, Korut memiliki 70 kapal selam yang sudah relatif tua. Kantor berita Yonhap melaporkan Korut sedang mengembangkan sebuah kapal selam berbobot 2.500 ton yang dilengkap sistem peluncur misil vertikal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here