Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Bomber Siluman H-20 China Segera Terbang Perdana – Militer.or.id

Militer.or.id – Bomber Siluman H-20 China Segera Terbang Perdana – Militer.or.id.

Pesawat pembom siluman buatan China, Xian H-20 © CCTV.co via Youtube

Militer.or.id – Pesawat pembom siluman H-20 buatan Beijing sedang bersiap untuk melaksanakan uji coba penerbangan perdananya setelah lebih dari satu dekade pengembangan, seperti dilansir dari laman Global Times.

Stasiun televisi pemerintah China telah mengkonfirmasi bahwa pembom H-20 akan terbang di langit dalam waktu dekat. Tanggal penerbangan perdana belum ditentukan. Namun, tonggak sejarah dari sinyal uji penerbangan pertama bahwa Aviation Industry Corp of China (AVIC) telah menyimpulkan bahwa uji terhadap sistem avionik, hidrolik dan elektronika pesawat telah selesai.

Desain H-20 merupakan cerminan dari pembom siluman B-2 Spirit buatan Northrop Grumman, Amerika Serikat.

Bomber siluman B-2 Spirit Amerika Serikat © US Air Force via Wikimedia Commons

China masih belum mengoperasikan pembom strategis berbadan besar yang mampu menyerang target dari jarak jauh. Penangkal udara strategis Angkatan Udara China saat ini adalah pembom H-6K, pesawat yang dimodernisasi dan dirubah berdasarkan pada desain Tu-16 Badger era Soviet.

Spesifikasi H-20 termasuk jangkauan 8.000 km tanpa sesi pengisian bahan bakar dan teluk senjata (weapon bay) yang dapat membawa lebih dari 10 ton amunisi, termasuk senjata termonuklir.

Jajaran H-20 harus memperluas jangkauan operasional hingga 12.000 km dan mampu mengerahkan 20 ton muatan, menurut analis penerbangan Fu Qianshao dibulan April.

November lalu, Asia Times melaporkan bahwa Beijing ingin agar H-20 dapat terbang naik dan diturunkan di Pesisir Barat Amerika Serikat, dapat mengirimkan serangan konvensional atau nuklir pada target AS.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *